Share

Ketika Ribuan Orang Yahudi Tinggalkan Rusia sejak Perang dengan Ukraina

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 18 2650350 ketika-ribuan-orang-yahudi-tinggalkan-rusia-sejak-perang-dengan-ukraina-YWOPtrmDlF.jpg Rusia serang Ukraina (foto: AP)

SEJUMLAH besar penduduk Yahudi di Rusia meninggalkan negara itu sejak perang dengan Ukraina dimulai. Badan Yahudi membantu orang Yahudi di seluruh dunia pindah ke Israel.

Sekitar 20.500 dari total 165.000 orang Yahudi di Rusia telah pergi sejak Maret lalu. Ribuan orang lainnya telah pindah ke negara lain.

Tidak diragukan lagi, momok penganiayaan Yahudi historis telah membayangi banyak orang yang menjadi bagian dari migrasi massal mendadak ini dan mereka yang masih berusaha keluar dari Rusia.

 BACA JUGA:Rusia Tak Serang Dnepr, Eks Pejabat Ukraina Klaim Putin Takut Kutukan Maut Yahudi

Di Moskow, telah ada upaya besar untuk mengembangkan komunitas Yahudi sejak jatuhnya Komunisme. Di antara mereka yang berada di garis depan adalah Pinchas Goldschmidt, kepala rabi kota itu sejak 1993.

"Kami mulai dari awal dengan sinagoga, sekolah, taman kanak-kanak, layanan sosial, guru, rabi dan anggota masyarakat," katanya tentang semangat yang diciptakan, dikutip BBC.

 BACA JUGA:Bantah Ikut Perang, China Kirim Pasukan ke Rusia untuk Latihan Militer Gabungan

Namun baru dua minggu perang tahun ini, Rabi Goldschmidt dan keluarganya meninggalkan Rusia, pertama ke Hungaria dan kemudian ke Israel. Dia kemudian mengundurkan diri dari posisinya dan berbicara menentang perang.

Baca selengkapnya: Takut Penganiayaan, Ribuan Orang Yahudi Hengkang dari Rusia Akibat Perang Ukraina

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini