Share

Sebabkan Laka Lantas, Tumpahan Oli di Sepanjang Jalan Kabupaten Kuningan Dibersihkan

Yudi R Sudirman, MNC Portal · Kamis 15 September 2022 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 525 2668309 sebabkan-laka-lantas-tumpahan-oli-di-sepanjang-jalan-kabupaten-kuningan-dibersihkan-AkjWTQnJD1.jpg Damkar melakukan pembersihan oli yang tumpah di sepanjang jalan di Kabupaten Kuningan/ Foto: Yudi R. Surdirman

KUNINGAN – Pemadam Kebakaran (Damkar) membersihkan tumpahan oli sepanjang 1 km di perlintasan jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan dengan Kecamatan Losari, Cirebon, yang telah menimbulkan kemacetan panjang hingga kecelakaan lalu lintas. Jalan ini mulai dibersihkan sekitar pukul 02.30 WIB dini hari, Kamis (15/9/2022).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh. Khadafi Mufti mengungkapkan, diduga kebocoran oli tersebut berasal dari salah satu mobil dalam iring-iringan 5 kendaraan tronton pembawa alat berat milik PT Adec, dan PT Fashion Stictch Joshua.

 BACA JUGA:Pertimbangan Hakim Vonis Irjen Napoleon 5 Bulan 15 Hari Penjara

“Setelah dilakukan pendataan, penyebab tumpahan oli berasal dari kendaraan kontainer yang berada di barisan paling depan dengan Nomor Polisi A 9417 TX, dalam iring-iringan mobil yang mengangkut alat berat,” ungkap Khadafi.

 BACA JUGA:Sabu Senilai Rp1,8 Miliar Diblender

Akibat dari tumpahan oli itu, kata Khadafi, kurang lebih 30 pengendara roda dua mengalami kecelakaan hingga terjatuh, 4 kendaraan roda 4 tergelincir, di antaranya Bus Sahabat, mobil box, kontainer pengangkut travo, dan truk pengangkut barang.

“Dua orang pengendara motor yakni Soni (61) mengalami luka dibagian patela (dengkul) dan kaki kanan bagian bawah lecet, kemudian Widia (19) luka di patela hematum (dengkul) bengkak, serta sedikit sobek di bagian kaki, keduanya langsung dilarikan ke Puskesmas Cidahu untuk mendapatkan perawatan medis, sedang yang lainya langsung melanjutkan perjalanan,” kata dia.

Pihaknya sendiri, lanjut Khadafi, setelah mendapatkan laporan dari Ade Tian, Sopir mobil box asal Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan sekitar pukul 02.30 WIB, langsung turun ke lokasi dengan menerjunkan 5 orang anggota Damkar.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kemudian, pembersihan jalan dengan 7.000 liter air dicampur ditergen dilakukan untuk mengurai dan mengurangi tumpahan oli dilakukan selama sekitar 3 jam, tepatnya dari pukul 03.00 hingga 06.00 WIB.

 BACA JUGA:BMKG: 30% Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan hingga Pertengahan September 2022

“Dengan dibantu 3 anggota Polsek Cidahu dalam mengatur lalin, dan pembersihan sendiri kami mendapat bantuan dari Aparat Kecamatan Cidahu bersama masyarakat sekitar, sehingga sekitar pukul 06.00 WIB jalan sudah berhasil kami bersihkan,” tutur Khadafi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini