Share

Topan Super Nanmadol Terjang Jepang, Hampir 2 Juta Orang Dievakuasi

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 18 September 2022 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 18 2669897 topan-super-nanmadol-terjang-jepang-hampir-2-juta-orang-dievakuasi-l99p9S7lIZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

TOKYO - Topan Nanmadol melanda pulau utama paling selatan Jepang, Kyushu pada Minggu, (18/9/2022) dengan peringatan Badan Meteorologi Jepang (JMA) tentang angin kencang dan gelombang tinggi "yang belum pernah dialami sebelumnya".

Topan ke-14 musim ini, yang diklasifikasikan sebagai topan super oleh Pusat Peringatan Topan Gabungan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), dapat membawa rekor curah hujan, kata JMA, memperingatkan risiko meluapnya sungai dan tanah longsor.

"Ada risiko badai yang belum pernah terjadi sebelumnya, gelombang tinggi, gelombang badai, dan rekor curah hujan," kata pejabat Badan Metorologi Jepang sebagaimana dilansir BBC.

BACA JUGA: Topan Hagibis Menerjang Shizuoka-Jepang

Nanmadol, tambah pejabat itu, berpotensi lebih buruk daripada Topan Jebi pada 2018, yang menewaskan 14 orang, dan Topan Hagibis, yang menyebabkan pemadaman listrik meluas pada 2019.

Hampir dua juta orang telah didesak untuk mengungsi dari rumah mereka di Jepang di tengah peringatan akan risiko "belum pernah terjadi sebelumnya" dari badai yang mendekat.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Kyushu Selatan dapat menerima 500 mm hujan dan hembusan angin hingga 250 km per jam pada Minggu, sementara wilayah Tokai tengah dapat melihat 300 mm hujan, badan tersebut memperkirakan, sebagaimana dilansir Reuters.

Operator kereta api telah membatalkan kereta di wilayah tersebut dengan jaringan toko serba ada Seven-Eleven Jepang untuk sementara menutup sekira 950 toko.

Badai diperkirakan akan membelok ke timur dan melewati pulau utama Jepang Honshu awal pekan depan sebelum pindah ke laut pada Rabu, (21/9/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini