Share

BMKG Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatirkan Dampak Equinox

Antara, · Selasa 27 September 2022 03:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 519 2675504 bmkg-minta-masyarakat-tak-perlu-khawatirkan-dampak-equinox-Rh17NvmC6C.jfif Illustrasi (foto: Okezone)

SIDOARJO - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Juanda meminta kepada masyarakat tidak mengkhawatirkan dampak equinox (matahari melintasi garis khatulistiwa secara periodik), yang mengakibatkan peningkatan suhu selama beberapa hari terakhir.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, dampak equinox yang terjadi karena tak selalu menyebabkan suhu ekstrem.

"Equinox bukan seperti gelombang panas (heat wave) yang dapat meningkatkan suhu secara drastis, serta kejadian peningkatan suhu udara ekstrem di luar kebiasaan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama," kata Teguh, Senin (26/9/2022).

 BACA JUGA:BMKG Deteksi Ada 75 Titik Panas di Kaltim

Ia mengatakan, masyarakat diminta mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

"Secara umum seminggu ke depan masih didominasi kondisi cerah berawan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian kecil wilayah Jawa Timur," katanya.

 BACA JUGA:Gempa M6,4 Guncang Meulaboh, Begini Analisis BMKG

Ia mengatakan, pada bulan Oktober 2022 beberapa wilayah masuk dalam kategori hujan tinggi hingga sangat tinggi.

"Salah satunya seperti di Ngawi, Bojonegoro, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Tulungagung, Blitar, Malang, Batu, Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi," ujarnya.

Ia menambahkan, suhu panas itu karena gerak semu matahari dari belahan bumi utara menuju ke selatan.

"Nah, ini diprakirakan ke depan kalau misalnya ada potensi hujan suhunya akan semakin panas," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini