Share

Penduduknya Sangat Miskin, Ini Alasan Blitar Selatan Dipilih Jadi Lokasi Kebangkitan PKI

Solichan Arif, Koran Sindo · Rabu 28 September 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 18 2675997 penduduknya-sangat-miskin-ini-alasan-blitar-selatan-dipilih-jadi-lokasi-kebangkitan-pki-hyVCS15tSc.jpg Foto: Istimewa.

JAKARTA – Setelah kegagalan gerakan 30 September 1965 atau G30S, pada 1967 sejumlah pimpinan Partai Komunis Indonesia (PKI) pergi ke Blitar Selatan untuk membangun kekuatan dan menyiapkan taktik perjuangan bersenjata (Perjuta).

Dalam memoarnya, Rewang, seorang pimpinan PKI yang tertangkap di Blitar Selatan menyebut bahwa pada 1967-1968 wilayah itu adalah kawasan pegunungan tandus. Mayoritas penduduk Blitar Selatan saat itu bergantung pada aktifitas bercocok tanam di sawah dan ladang yang memiliki sifat pengairan tadah hujan.

"Pada musim tanam, yang ditanam penduduk adalah padi gogo dan jagung. Sebagai tanaman selingan adalah kacang tanah dan kedelai," kata Rewang dalam buku memoarnya Saya Seorang Revolusioner.

Rewang menyebut kehidupan penduduk Blitar Selatan sangat miskin, bahkan sehari-hari mereka hanya makan tiwul yang dikonsumsi dua kali sehari dengan nasi hanya diperuntukkan anak-anak di bawah usia 5 tahun. Kemiskinan membuat pakaian yang dikenakan penduduk selalu terlihat lusuh dan tak pernah ganti. Begitu juga dengan pendidikan anak-anak Blitar Selatan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Blitar Selatan dipilih oleh pimpinan PKI karena daerah itu merupakan konstituen partai beraliran kiri itu dalam Pemiliu 1955. Rewang mengatakan bahwa hampir semua penduduk desa di Blitar Selatan, mengaku menjadi anggota PKI.

Namun, upaya PKI untuk bangkit kembali di Blitar Selatan tidak berumur panjang sebab penduduk yang awalnya memihak PKI menjadi tidak bersimpati dan berbalik memusuhi karena aksi perampokan yang dilakukan kader PKI sendiri. Pada 1968 proyek PKI di Blitar Selatan dihancurkan pemerintah.

Baca Berita Selengkapnya: Kemiskinan Jadi Alasan PKI Pilih Bangkit di Blitar Selatan Usai Meletusnya G30S PKI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini