Share

44 Koin Emas Murni Abad ke-7 Ditemukan Tersembunyi di Dinding

Susi Susanti, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680629 44-koin-emas-murni-abad-ke-7-ditemukan-tersembunyi-di-dinding-SgpEO1tQOX.jpg 44 koin emas murni ditemukan di dinding sebuah cagar alam di Israel (Foto: Otoritas Barang Antik Israel)

ISRAEL - Para arkeolog di Israel mengatakan 44 koin emas murni yang berasal dari abad ke-7 telah ditemukan tersembunyi di dinding atau tembok sebuah cagar alam.

Para ahli memperkirakan dengan berat sekitar 170 gram, timbunan yang ditemukan di situs Hermon Stream (Banias) disembunyikan selama penaklukan Muslim di daerah tersebut pada tahun 635.

Mereka mengatakan koin itu menjelaskan akhir kekuasaan Bizantium di daerah tersebut.

Kekaisaran Bizantium adalah bagian timur Kekaisaran Romawi, yang bertahan selama lebih dari 1.000 tahun.

Baca juga:  Pecahkan Rekor, Koin Emas Double Eagle AS Terjual Seharga Rp269 Miliar

"Kita bisa membayangkan pemilik menyembunyikan kekayaannya dalam ancaman perang, berharap untuk kembali suatu hari untuk mengambil hartanya," kata Yoav Lerer, Direktur penggalian, dikutip BBC.

 Baca juga: Koin Emas Era Raja Henry III Ditemukan di Lahan Pertanian, Nilainya Capai Rp7,8 Miliar

"Dalam retrospeksi, kita tahu bahwa dia kurang beruntung,” lanjutnya.

Pihak berwenang Israel mengatakan selain koin emas, penggalian - di kawasan pemukiman kota kuno - juga menemukan sisa-sisa bangunan, saluran air dan pipa, koin perunggu dan banyak lagi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dr Gabriela Bijovsky, seorang ahli numismatik (mata uang) di Israel Antiquities Authority, mengatakan beberapa koin adalah milik Kaisar Phocas (602-610), tetapi sebagian besar adalah penggantinya Heraclius.

Banias memiliki tempat khusus dalam tradisi Kristen, menjadi situs di mana Yesus dikatakan telah memberi tahu rasul Petrus, "di atas batu karang ini, Aku akan membangun gereja-Ku".

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini