Share

Ratusan Pohon di Kota Bandung Tumbang Sejak Juli 2022 Akibat Cuaca Ekstrem

Arif Budianto, Koran Sindo · Senin 10 Oktober 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 525 2683900 ratusan-pohon-di-kota-bandung-tumbang-sejak-juli-2022-akibat-cuaca-ekstrem-8FQJEfVBOG.jpg Ilustrasi pohon tumbang (Foto : MPI)

BANDUNG - Ratusan pohon di Kota Bandung tumbang sepanjang Juli hingga September 2022. Jumlah kasus pohon tumbang dan patah terjadi mayoritas saat cuaca ekstrem.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mencatat, peristiwa pohon tumbang dan patah sepanjang triwulan III 2022 sebanyak 217 kejadian. Dari jumlah itu, peristiwa pohon tumbang sebanyak 108 kejadian dan pohon patah dahan sebanyak 109 kejadian.

Beberapa lokasi yang terdampak bencana terbanyak berada di Kecamatan Bandung Wetan 25 kejadian, Cicendo, Sumur Bandung, Coblong masing-masing 18 kejadian. Lengkong 16 kejadian, dan Cidadap sebanyak 10 kejadian.

"Jenis pohon yang paling banyak tumbang atau patah di antaranya mahoni, kersen, angsana, beringin, dan ki acret," kata Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung Roslina.

Berdasarkan kejadian tersebut, dia menambahkan, klaim asuransi yang telah ditindaklanjuti sampai triwulan III 2022 sebanyak 28 kasus. Jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan roda empat. Namun, klaim ini hanya untuk kejadian dari pohon yang berada di lahan publik bukan privat.

"Beberapa faktor penyebab pohon tumbang atau jadi rawan tumbang adalah faktor alam, seperti cuaca ekstrem, pohon tua dan keropos. Faktor manusia juga ada, seperti tertabrak kendaraan, bekas galian proyek, pembakaran, drainase dan lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini