Share

Rusia Gunakan Senapan Sniper Paling Mematikan di Ukraina, Jarak Nyaris 3.000 Meter

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 18 Oktober 2022 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 18 2689443 rusia-gunakan-senapan-sniper-paling-mematikan-di-ukraina-jarak-nyaris-3-000-km-CUJwjocD1a.jpeg Senapa runduk atau sniper (Foto: Lobaev Arms)

MOSKOWPasukan Rusia dilaporkan menggunakan senapan runduk (sniper) di Ukraina. Senapan ini dapat mengenai target dalam jarak nyaris hingga 3.000 meter.

Menurut laporan TASS pada Kamis, (21/7/2022), mengutip sumber keamanan, senapan Sumrak, yang disebut-sebut sebagai senapan “jarak jauh super” telah digunakan untuk pertama kalinya oleh tentara Rusia di Ukraina.

Sumber itu mengatakan penembak jitu telah menembakkan di dekat Kiev, serta dekat Kharkov di Ukraina timur, tetapi "jarang" dilakukan karena tidak selalu memungkinkan untuk menemukan medan yang cocok.

Baca juga: Mematikan! Sniper TNI Akan Dilengkapi Amunisi Standar NATO Karya Anak Bangsa

TASS menambahkan bahwa sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah Rusia mengenai penggunaan Sumrak.

Baca juga: Mengintip Kepiawaian Sniper Kopassus Menembak Targetnya Lintasi Hamparan Air

Menurut pabrikan tersebut, seperti dikutip RT, senjata bolt action tembakan tunggal, yang dirancang pada 2012 oleh perusahaan Rusia Lobaev Arms, SVLK-14S Sumrak dapat secara efektif mengenai target pada jarak hingga 2.700 meter.

Follow Berita Okezone di Google News

Pada 2020, surat kabar Daily Mirror Inggris menggambarkan Sumark sebagai “senapan sniper paling mematikan di dunia,” mencatat bahwa senjata itu memiliki jangkauan efektif hampir dua kali lipat dari L115A3, senapan sniper Angkatan Darat Inggris.

Sebelumnya, pada 2017 dilaporkan bahwa peluru dari Sumrak mampu menempuh jarak 4.210 meter sebelum mengenai sasaran di lapangan tembak di Rusia, yang disevut-sebut memecahkan rekor dunia.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini