Share

Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17 yang Ditembak Rudal Rusia Dianggap Terkait dengan Perang Rusia di Ukraina

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 18 November 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 18 2709921 jatuhnya-pesawat-malaysia-airlines-mh17-yang-ditembak-rudal-rusia-dianggap-terkait-erat-dengan-perang-rusia-di-ukraina-DKwOkioTM2.jpg Pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh rudal Rusia dianggap terkait erat dengan perang Rusia-Ukraina (Foto: AFP)

BELANDA - Rusia diketahui selalu membantah keterlibatan apa pun dan malah mengeluarkan berbagai teori alternatif terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Rusia mengatakan jika jet tempur Ukraina menembakkan rudal, atau bahwa pasukan pemerintah Ukraina bertanggung jawab, dan dalam beberapa kasus memalsukan bukti untuk mendukung klaim mereka.

Namun tuduhan ini dibantah dengan temuan yang dikumpulkan oleh tim penyelidik internasional juga ditolak oleh pengadilan Belanda.

Tim menemukan hancurnya pesawat di udara disebabkan oleh ledakan hulu ledak tipe 9N314M buatan Rusia yang dibawa oleh rudal 9M38M1, diluncurkan dari bagian timur Ukraina menggunakan sistem rudal Buk.

Baca juga: Pengadilan Belanda Benarkan Rudal Rusia Tembak Jatuh Pesawat Malaysia Airlines MH17, Dilakukan Secara Sengaja

Eliot Higgins, pendiri platform investigasi Bellingcat, menyelidiki bukti sumber terbuka. Timnya mengidentifikasi hubungan dengan Brigade Rudal Anti Pesawat ke-53 Rusia, dan menelusuri postingan media sosial 200 tentara untuk mengonfirmasi identitas dan peran banyak anggota unit yang berbasis di barak militer Rusia di Kursk.

Baca juga: Pengadilan Belanda Vonis 3 Orang Hukuman Penjara Seumur Hidup Terkait Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17

Bellingcat membagikan temuan mereka dengan jaksa Belanda. Dia yakin persidangan telah memberikan bukti keterlibatan Rusia yang tak terbantahkan.

"Saya pikir pada titik ini, yang sangat penting jelas terlihat vonis bersalah," kata Eliot kepada BBC.

“Siapa pun yang mengklaim bahwa Rusia tidak terlibat dalam penembakan ini benar-benar orang yang konyol,” lanjutnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan temuannya, Eliot yakin peristiwa jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 yang terjadi pada 2014 terkait erat dengan invasi Rusia ke Ukraina pada 2022.

“Orang-orang hanya menutup mata terhadapnya, pembuat kebijakan merasa tidak nyaman menyebut Rusia dengan cara yang seharusnya mereka lakukan. Dan mereka tidak bereaksi dengan cara yang dapat mencegah invasi pada 2022. Saya pikir seharusnya ada lebih banyak dukungan militer untuk Ukraina, seharusnya ada lebih banyak sanksi, seharusnya ada tanggapan yang lebih kuat daripada yang kita lihat saat itu. Mungkin ada tindakan pencegahan yang akan menyelamatkan banyak nyawa,” paparnya.

Tim dilaporkan bekerja dengan menyatukan petunjuk termasuk panggilan telepon yang disadap, laporan saksi mata, dan bahkan pecahan logam yang ditemukan di tubuh awak.

Penyelidik dapat menentukan jenis senjata, melacak rutenya dari barak militer di Rusia, melintasi perbatasan ke lokasi peluncuran di Ukraina timur yang dikuasai separatis pro-Rusia, dan mengidentifikasi tersangka utama.

Mereka adalah tiga orang Rusia dan satu orang Ukraina. Yang paling menonjol dari mereka adalah Igor Girkin, yang menurut jaksa penuntut adalah mantan kolonel di dinas intelijen Rusia FSB.

Kremlin telah menolak proses hukum dan semua tersangka menolak hadir di pengadilan. Hanya satu, Oleg Pulatov, yang mempekerjakan tim pengacara Belanda untuk membelanya di pengadilan.

Putusan itu tidak mungkin menghasilkan siapa pun yang menjalani hukuman penjara karena pembunuhan massal ini, tetapi penyelidikan telah menciptakan catatan sejarah yang tak terbantahkan dan memberikan ketenangan pikiran kepada keluarga.

Sidang pengadilan ini juga telah menjadi kesempatan untuk memotong disinformasi Rusia. Para juri menolak versi alternatif dari acara yang dipromosikan oleh pembuat rudal Buk Almaz-Antey sebagai acara yang dipalsukan dan tidak dinilai secara independen.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini