Share

Pesawat Tabrak Kabel Listrik Tegangan Tinggi Sebabkan Pemadaman Listrik Massal dekat Washington

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 28 November 2022 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 18 2716163 pesawat-tabrak-kabel-listrik-tegangan-tinggi-sebabkan-pemadaman-listrik-massal-dekat-washington-c4YsEeiHRB.jpg Foto: ABC affiliate WJLA via Reuters.

WASHINGTON - Sebuah pesawat kecil menabrak kabel listrik bertegangan tinggi sekira 30 mil (sekira 48 km) sebelah utara Washington, D.C., Amerika Serikat (AS), pada Minggu, (27/11/2022). Insiden ini menyebabkan pemadaman massal, dengan layanan penyelamat bekerja hingga malam hari untuk menyelamatkan dua orang di dalam pesawat yang masih terjerat dalam kabel.

Pesawat tersebut jatuh sekira pukul 17.30 waktu setempat dalam kondisi cuaca berkabut dan basah di Montgomery Village, Maryland, menurut Layanan Pemadam Kebakaran & Penyelamatan Montgomery County, sebagaimana dilansir Reuters. Pesawat itu terjebak dalam kabel listrik hidup sekira 100 kaki (30 meter) dari tanah.

Dampaknya menyebabkan pemadaman listrik ke lebih dari 120.000 pelanggan, menurut Pepco, perusahaan utilitas wilayah Washington. Jalan juga ditutup dan banyak lampu lalu lintas di daerah itu padam.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan dua orang masih hidup tetapi terjebak di dalam pesawat.

Scott Goldstein, Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Montgomery, mengatakan petugas penyelamat melakukan kontak dengan penghuni, dengan menelepon ponsel mereka secara berkala. Dia menolak menjelaskan kondisi penumpang pesawat, kecuali mengatakan "kami telah menghubungi mereka."

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Tidak ada cara lain untuk menentukan apakah aman untuk mengakses menara sampai ditanahkan, yang berarti kru harus naik sendiri ke kabel untuk memasang klem dan kabel ke kawat" untuk memastikan tidak ada listrik statis atau "nyasar",” kata Goldstein kepada wartawan.

Goldstein mengatakan pesawat itu juga perlu diamankan ke menara listrik sebelum penumpangnya bisa dipindahkan. Dia mengatakan "derek luar biasa besar" yang disediakan oleh perusahaan lokal ada di lokasi, selain spesialis menara listrik yang akan menangani truk ember menara besar.

Menurut FAA, pesawat Mooney M20J terbang dari Westchester, New York dan dijadwalkan mendarat di Montgomery Airpark, dekat lokasi kecelakaan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini