nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Mbah Sukinah yang Berusia 93 Tahun Bisa Berangkat Haji

Widi Agustian/Okezone, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 22:11 WIB

Wajahnya yang berkeriput terlihat lelah usai menempuh perjalanan selama lebih dari sembilan jam di pesawat. Semua itu dia lakukan demi menjalankan Ibadah haji.  Usia Mbah Sukinah sudah 93 tahun. Mbah merupakan ibu dari sembilan anak, nenek dari 24 cucu dan tentunya Mbah bagi 20 cicitnya.

 

Mbah Sukinah masuk dalam kloter pertama dari Embarkasi Surabaya. Mbah yang berasal dari Magetan ini merupakan salah satu dari 1.800 jamaah haji yang pertama tiba di Madinah. Dia daftar haji pada 6 tahun lalu. Padahal, beberapa waktu sebelum Mbah terbang dari Indonesia, dirinya sempat sakit hingga dirawat.

 

'Kemarin itu Ibu sakit. Sampai diopname karena gangguan lambung. Kemarin itu kita sudah ikhlas (tidak berangkat karena sakit). Eh mendekati berangkat malah lebih sehat,' ucap Sunarti, anak ketiga Mbah Sukinah. 

 

Sunarti yang kini berusia 67 tahun bercerita, Mbah merupakan sosok yang memiliki kemauan yang besar dan tidak mudah patah semangat. Sunarti menyebut,  Mbah memang mengaku sakit pinggangnya akibat terlalu lama duduk di pesawat, tapi hal itu tampaknya tidak menyurutkan semangatnya beribadah di Tanah Suci. 

 

(wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini