Share

Puluhan Bhikkhu Gelar Ritual Api Dharma Tri Suci Waisak di Mrapen Grobogan

Ahmad Antoni, · Sabtu 14 Mei 2022 21:59 WIB

Puluhan Bhikkhu Sangha yang dipimpin YM Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira (suhu Pushan) menggelar upacara ritual Api Dharma Tri Suci Waisak di Mrapen Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022).

 

Para Bhikkhu Sangha dan Rohaniawan, majelis-majelis Agama Budha dan LKBI bergantian melakukan Puja Bhakti Penyakralan Api Dharma di depan Api Abadi Mrapen. Setelah itu Api Dharma diberangkatkan dari Mrapen Grobogan untuk disakralkan di Candi Mendut kemudian dibawa ke Candi Borobudur.

 

Ritual ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Tri Suci Waisak ke 2566 BE di tahun 2022. ‘Pengambilan api sebagai simbol kehidupan dalam keabadian. Walubi berupaya menjadikan kebersmaan dan kerukunan hidup umat beragama dilandasi cinta kasih sayang, welas asih yang bersifat universal dalam bingkai pancasila dan bhineka tunggal ika,’kata Esther Setiawati Santoso, koordinator Bidang Sosial dan Hukum DPP Walubi.

 

Bagi umat Buddha, pengambilan Api Abadi Mrapen ini adalah simbol pengambilan Api Dharma yang juga menjadi simbol harapan umat. Nantinya, api Dharma ini akan dibawa ke Candi Mendut dan Candi Agung Borobudur agar tetap bersinar dalam cahaya kehidupan Sang Buddha. Ini merupakan simbol kehidupan bersama Sang Buddha. Sehingga pengambilan Api Dharma ini selalu dilakukan di Api Abadi Mrapen yang juga menjadi simbol api abadi yang tak pernah padam.

‘Nantinya Api Dharma akan dibawa menggunakan mobil dengan tujuan ke Candi Mendut dan Candi Agung Borobudur,’ ujarnya.

 

(Foto: Sindo/Ahmad Antoni) (hru)

(ati)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini