Share

VR Simulasi Gempa Bumi GPDRR, Pengunjung Bisa Rasakan Getaran yang Nyata

MPI, · Rabu 25 Mei 2022 23:39 WIB

Presiden Sidang Majelis Umum PBB ke-76 Abdulla Shahid mengunjungi pameran  Indonesia Pavilion Eathquake Simulation Booth yang dikelola oleh Kementerian PPN/Bappenas. di pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022). GPDRR 2022 berlangsung pada 23-28 Mei 2022 di Bali dengan konsep Virtual Exhibition dan Virtual Reality (VR) Simulasi Gempa . 

 

Dengan alat peraga virtual ini, pengunjung bisa mengikuti simulasi gempa bumi termasuk merasakan getaran yang nyata. Melalui peranti VR mereka akan dibawa ke dalam beberapa lokasi yang berbeda dan belajar menghadapi gempa secara benar, tepat, dan aman di lokasi lokasi tersebut. 

 

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menekankan perlunya komitmen global untuk menghadapi setiap bencana yang melanda dunia. Dan pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) adalah momen yang tepat untuk itu.  

 

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi memaparkan, sebagai negara yang berisiko tinggi mengalami bencana, Indonesia dituntut untuk memiliki konsep mitigasi bencana yang tepat. Untuk itu pemerintah melakukan berbagai langkah, seperti membuat sistem peringatan dini dan membangun kesadaran masyarakat akan bencana. 

 

(Foto: MPI) (hru)

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini