Share

Kelebihan Muatan, Kapal Pengungsi Libya Tenggelam

Adinda Permatasari, Okezone · Selasa 10 Mei 2011 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 10 414 455525 k9g48uDwi2.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

MILAN – Sebuah kapal berisi 600 orang yang ingin menyelematkan diri dari Libya tenggelam tidak jauh dari pelabuhan di Tripoli karena kelebihan muatan.

 

Juru bicara United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Laura Boldrini mengatakan, para petugas masih mencoba memastikan nasib orang-orang yang berada di kapal nahas tersebut. Kapal tersebut tenggelam setelah mengalami kerusakan, yakni patah, pada Jumat, 6 Mei waktu setempat, di Laut Mediterania di pesisir Libya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

 

Dilansir oleh Associated Press, Selasa (10/5/2011), para pengungi yang menumpang kapal lain dengan waktu keberangkatan yang sama, menyaksikan sisa-sisa kapal yang tenggelam dan jasad beberapa korban yang mengapung di laut. Mereka melihatnya, beberapa saat setelah insiden kerusakan badan kapal terjadi.

 

Sementara itu saksi lain mengatakan, melihat beberapa penumpang berenang ke pantai. Namun Organisasi Migrasi Internasional belum bisa memastikan berapa orang yang selamat.

 

Salah seorang staf Organisasi Migrasi Internasional yang berada di pulau kecil Italia, Lampedusa,  mewawancarai seorang wanita Somalia yang kehilangan bayinya saat kapal tenggelam. Wanita tersebut berenang dan berhasil mendarat di atas kapal lain yang menuju Italia, namun tidak dengan bayinya yang berusia empat bulan.

 

Sementara itu juru bicara Pemerintah Libya di Tripoli tidak memberikan komentar ketika ditanya pewarta mengenai kapal pengungsi yang tenggelam tersebut.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini