Share

Kecelakaan Pesawat di Rusia Tewaskan 43 Orang

Aulia Akbar, Okezone · Kamis 08 September 2011 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 08 414 500078 H3ZUDr1eoc.jpg Foto : Kecelakaan Jet Yak 42 di Rusia (reuters)

MOSKOW - Sebuah pesawat yang mengangkut satu tim hoki es di Rusia mengalami kecelakaan dan menewaskan 44 orang di dalamnya. Pesawat tersebut mengalami kecelakaan beberapa saat setelah melakukan lepas landas.

Saksi mata menyatakan, pesawat jatuh dan terbakar di lokasi yang terletak tidak jauh dari bandara pada Rabu kemarin.

"Bagian tubuh para penumpang ditemukan di Sungai Volga, di mana pesawat tersebut terjatuh," demikian ujar kepolisian, Seperti dikutip RIA Novosti, Kamis (8/9/2011).

Pesawat jet Yak 42 tersebut disewa untuk mengangkut tim hoki Lokomotiv Yaroslavl yang akan bermain di Liga Kontinental Hoki Rusia, tim hoki tersebut akan bertanding di Minsk, Belarus.

Dikabarkan pula, sebanyak dua orang dinyatakan selamat. Salah satu korban yang selamat adalah seorang atlit hoki Alexander Galimov. Galimov menderita luka bakar yang cukup serius.

Penyebab dari kecelakaan juga dikabarkan belum jelas, namun menurut situs Aviation Herald, pesawat jet itu mengalami masalah ketika melakukan lepas landas dan menabrak sebuah antena yang ada di bandara.

Pesawat jet Yak 42 diproduksi oleh Rusia pada pertengahan dekade 1970 silam dan dapat memuat lebih dari 120 penumpang. Pesawat ini sering diperasikan oleh maskapai Rusia dan beberapa negara bekas Uni Soviet.

Pesawat Yak yang mengalami kecelakaan kemarin dirakit pada tahun 1993. Pesawat tersebut juga sudah lolos dalam uji keamanan. Presiden Rusia Dmitry Medvedev berjanji untuk terus meningkatkan pengawasan dalam keamanan dan menyimpan pesawat-pesawat era Soviet yang sudah tua pada tahun depan.

Kecelakaan pesawat sebelumnya di Rusia terjadi pada Juni lalu di Kota Petrozavodsk dan menewaskan 47 orang, dan pada bulan Juli, enam orang di Rusia juga tewas dalam kecelakaan jet antonov di Siberia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini