Share

Israel Dukung India Jadi Anggota Tetap DK PBB

Aulia Akbar, Okezone · Selasa 10 Januari 2012 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 10 412 554717 r4sO3xrFVI.jpg Foto : Bendera India & Israel (thepeopleofpakistan)

YERUSALEM - Dengan mendeskripsikan India sebagai negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, Israel mendukung India menjadi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

"Bagi kami, India merupakan pusat budaya dunia, dan merupakan negara dengan sistem demokrasi terbesar di dunia. Mereka pun sanggup mengatasi ancaman kemiskinan yang melanda negaranya. Saya pun berharap, India akan menjadi anggota tetap DK PBB," ujar Presiden Israel Shimon Peres, seperti dikutip PTI, Selasa (10/1/2012).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada kesempatan yang sama, Peres juga menyebut Mahatma Gandhi seperti seorang nabi dan mantan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru seperti seorang raja.

"India sangat beruntung karena memiliki dua orang pemimpin yang takkan terlupakan, salah satunya adalah seorang nabi dan satu lagi adalah seorang raja. Munculnya Gandhi dan Nehru merupakan suatu hal yang luar biasa," tambahnya.

Menteri Luar Negeri India S M Khrisna juga mengadakan lawatan ke Israel setelah beberapa dekade yang lalu. Dirinya juga mengadakan pertemuan dengan Peres. Dalam lawatannya ke negeri Yahudi itu, Khrisna menyebut Peres sebagai seorang negarawan yang cakap.

Pada 2010 lalu, India sempat mengatakan bahwa DK PBB akan sangat kredibel bila India dapat bergabung di dalamnya. Perdana Menteri India Manmohan Singh juga sudah mengajukan proposal keanggotaan India untuk DK PBB pada September 2011.

Negara-negara yang tergabung dalam DK PBB adalah negara pemenang Perang Dunia II, Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, dan Prancis. Kelima negara itu merupakan pemegang hak veto. Keanggotaan India hanya dapat diterima bila DK PBB melakukan reformasi peraturan yang selama ini ditetapkan.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini