Share

Keraton Surakarta Bantah Raja Terlibat Human Trafficking

Bramantyo, Okezone · Rabu 25 April 2012 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 25 511 618239 FlF43MzlLw.jpg Ilustrasi

SOLO - Keraton Surakarta membantah keterlibatan Sinuhun H dalam kasus human trafficking atas dua gadis berusia 14 tahun di Solo, Jawa Tengah. Nama Sinuhun H terseret setelah terdakwa kasus tersebut mengaku menyediakan kedua korban A dan F untuk petinggi Keraton Surakarta itu.

Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pangeran Haryo Edi Wirabumi, mengatakan keterangan yang dilontarkan KR sarat akan kepentingan. Bahkan, menurutnya, KR tidak menyadari tengah dimanfaatkan oleh pihak tertentu atas kasus yang menjeratnya.

"KR tidak menyadari kalau dirinya telah dimanfaatkan pihak lain untuk merebut tahta raja," kata Edi Wirabumi tanpa menjelaskan siapa pihak yang dimaksud, Rabu (25/4/2012).

Dia mengaku, sejak nama Sinuhun H dikaitkan dengan skandal seks di bawah umur, Keraton Surakarta terus memantau perkembangan kasus human trafficking tersebut. "Kami bahkan saya sudah melakukan tes, ternyata ada muatan lain di balik kasus ini. Tapi saya tidak mau siapa itu, saya kira masyarakat Solo yang lebih mengetahui," papar Edi.

Meski dinilai melakukan pencemaran nama baik, pihak keraton belum menentukan sikap atas pengakuan KR. Keraton masih menunggu kelanjutan persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Karanganyar tersebut.

"KR pantas dijatuhi hukuman, tapi bukan karena mencemarkan nama baik keraton, melainkan telah bertindak sebagai mucikari, yang menyediakan bocah di bawah umur," tandasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini