Share

Arab Saudi Berikan Rp946 Miliar ke Palestina

Aulia Akbar, Okezone · Senin 16 Juli 2012 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 16 412 663992 SMj84eZ6in.jpg Foto : Raja Abdullah bin Abdul Aziz (AFP)

RIYADH - Seiring dengan makin memburuknya krisis ekonomi di Palestina, Raja Arab Saudi Abdullah Bin Abdul Aziz siap memberikan kucuran dana sebesar USD100 juta atau sekira Rp94 miliar ke Otoritas Palestina. Kucuran dana itu akan sangat bermanfaat untuk membayar gaji para warga Palestina.

Menteri Keuangan Arab Saudi Ibrahim Al-Assaf, mengatakan padaPerdana Menteri Palestina Salaam Fayyad, bahwa Raja Abdullah memerintahkannya untuk mentransfer dana sebesar Rp946 miliar ke Palestina. Fayyad pun langsung mengucapkan terima kasihnya kepada Arab Saudi.

"Hadiah ini merupakan bagian dari dukungan politik dan finansial Kerajaan Arab Saudi untuk Otoritas Palestina dan juga warga Palestina," ujar Fayyad, seperti dikutip imemc, Senin (16/7/2012).

"Uang ini akan membantu warga Palestina di Jalur Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur," tambahnya.

Tepat pada Jumat pekan lalu, Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengadakan pertemuan dengan Raja Abdullah. Abbas mengaku, dirinya mengalami kesulitan dalam menggaji warganya, seiring dengan makin mendekatnya Bulan Ramadan.

Jumlah utang yang dimiliki Palestina semakin meningkat dan sudah mencapai miliaran dolar Amerika Serikat (AS). Menurut Pemerintah Palestina, Palestina membutuhkan USD500 juta atau sekira Rp4,7 triliun untuk mengatasi krisis. Krisis ekonomi yang saat ini terjadi di Palestina, diklaim menjadi salah satu krisis finansial terburuk yang pernah ada. Palestina juga mengatakan bahwa negara-negara donor tidak berkomitmen membantu Palestina.

Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad mendekati Gubernur Bank Sentral Israel Stanley Fischer untuk meminta bantuan guna meminjam uang dari Dana Moneter Internasional (IMF) pada awal 2012. Namun permintaan itu ditolak IMF.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini