Share

Jemaat HKBP Tolak Penggusuran Gereja

Djamhari, Okezone · Kamis 21 Maret 2013 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 21 501 779338 risPahDH2D.jpg (Foto:Djamhari)

BEKASI- Proses pembongkaran bangunan gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Jalan MT Haryono, Gang Wiryo RT 05/02, Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Kamis (21/03/2013) mendapat penolakan jemaat gereja. Mereka membuat blokade terhadap Buldozer yang akan menggusur bangunan tersebut.

Dari awal informasi Rabu, 20 Maret kemarin pembongkaran gereja itu dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB, namun molor hingga pukul 12.30 WIB. Hal ini disebabkan alat berat yang disediakan pemerintah untuk membongkar baru datang sekitar 12.00 WIB.

Sementara itu, pantauan di lokasi, personel gabungan dari Kepolisian dan Satpol PP Kota Bekasi belum bisa membongkar gereja karena buldozer masih ditahan ratusan jemaat. Polisi juga mencoba menjaga keamanan untuk menghindari bentrokan antara jemaat dengan warga desa yang memaksa buldozer untuk meruntuhkan bangunan tersebut.

Sebelumnya sempat terjadi ketegangan antara Jemaat dan anggota keamanan di lokasi tapi bisa diredam aparat keamanan.

Kapolresta Bekasi Kabupaten, Kombes Isnaeni Ujiarto yang berada dilokasi mengatakan, terkait eksekusi pembongkaran gereja, tugas polisi adalah mendukung operasional Satpol PP dan mencegah jalannya eksekusi berkembang menjadi situasi tidak terkendali. " Kami menerjunkan tiga kompi atau sekira 270 personel ke lokasi pembongkaran gereja," katanya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini