Share

Nikaragua Ajak RI Bangun Tandingan Terusan Panama

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Selasa 18 Juni 2013 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 18 411 823956 iyseUJPh2n.jpg Menlu Marty dengan Menlu Nikaragua (Foto: Wahyu/Okezone)
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Nikaragua Samuel Santos Lopez melakukan kunjungan bersejarah ke Indonesia. Dia mengajak Indonesia dalam proyek pembangunan Terusan Nikaragua.

Terusan Nikaragua bertujuan untuk menandingi Terusan Panama. Terusan itu memiliki luas empat kali lebih besar dari Terusan Panama.

"Kunjungan Menlu Lopez bersejarah, setahu saya ini merupakan kunjungan Menteri Luar Negeri Nikaragua yang pertama ke Indonesia," ujar Menlu Marty Natalegawa di Jakarta, Selasa (18/6/2013).

"Menlu Lopez melihat peluang kerja sama dalam bidang UKM khususnya dalam hal pembangunan kapasitas. Selain itu Menlu Lopez juga ikut mengajak indonesia dalam pembangunan mega proyek Terusan Nikaragua," lanjutnya.

Menlu Lopez menjelaskan, Pemerintah Nikaragua menginginkan pihak asing berkonstribusi dalam pembangunan Terusan Nikaragua. Mereka tidak hanya ingin bekerja sama dalam pembangunan fisik terusannya saja, namun juga fasilitas pendukungnya.

"Kami juga akan membangun jalur kereta dan pelabuhan di Samudera Pasifik dan Atlantik. Kami juga membangun pipa migas," terang Menlu Lopez.

"Saat saya di Bali, Pemerintah Indonesia menyuguhkan pertunjukan budaya yang luar biasa. Saya kira Indonesia bisa membantu sektor pariwisata karena nantinya akan banyak orang yang datang ke Nikaragua," tutupnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini