Share

LPSK: Banyak Aksi Massa, Saksi Kasus Cebongan Ketakutan

Ridho Hidayat, Koran SI · Senin 24 Juni 2013 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 24 510 826601 dyVkR3cCIy.jpg Sidang kasus Cebongan (Foto: Ridho H/Koran Sindo)

YOGYAKARTA - Aksi beberapa kelompok massa dalam proses peradilan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman, DIY, berdampak buruk pada saksi. 

Saksi sebanyak 31 tahanan dan 11 penjaga lapas, yang mendapatkan perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), keberatan datang langsung dalam sidang.

Salah satu anggota LPSK, Teguh Soedarsono, mengatakan, aksi kelompok massa tersebut menimbulkan suasana semakin mencekam.

"Sekarang, semuanya keberatan. Terlebih dengan adanya aksi-aksi dari kelompok massa itu," kata Teguh, Senin (24/6/2013).

Pihaknya memberikan penguatan psikis terhadap para saksi yang saat ini berada di Lapas IIB Cebongan.

"LPSK hanya melindungi 42 orang saksi yang terdiri 11 petugas lapas dan 31 tahanan atau warga binaan lapas. Yang lain adalah para saksi yg disiapkan oleh pihak Otmil, penasehat hukum tertuduh, atau yang diminta oleh majelis hakim seperti saksi ahli atau saksi makkota," tuturnya.

 

Sidang kasus penyerangan Lapas IIB Cebongan, kembali digelar dengan agenda pembacaan eksepsi dari penasehat hukum terdakwa. Sidang dimulai sekira pukul 09.30 WIB.

Sidang perdana digelar pada Kamis, 20 Juni 2013, dengan agenda pembacaan dakwaan.

(tbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini