Share

Menhan AS Dapat Penjelasan tentang Kasus Cebongan

Fajar Nugraha, Okezone · Selasa 27 Agustus 2013 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 27 411 855963 oy8mXr6FC1.jpg Menhan Hagel dan Menhan Purnomo (Foto: Fajar/Okezone)

JAKARTA - Insiden penembakan empat tahanan di Lembaga Pemasyrakatan Cebongan, Yogyakarta, mendapat perhatian dari Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Chuck Hagel. Hagel dikabarkan mendapat penjelasan tentang kasus ini.

Hagel datang ke Jakarta dalam kunjungan kerjanya dan melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro. Kehadiran Hagel juga dalam rencana pembelian helikopter Apache AH-64 E buatan AS.

Kasus Cebongan pun menjadi perbincangan dalam pertemuan ini. Dikhawatirkan kasus ini bisa mempengaruhi perjanjian pembelian helikopter Apache.

Namun Menhan Purnomo mengatakan bahwa Hagel sudah diberikan penjelasan mengenai kasus yang melibatkan anggota Kopassus tersebut.

"Kami minta Jenderal Moeldoko menjelaskan mengenai status dan perkembangan dari kasus Cebongan kepada rekan kami (Menhan Hagel). Jadi dijelaskan latar belakangnya kenapa terjadi," ucap Menhan Purrnomo, di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin (26/8/2013).

"Phsycological effect yang terjadi, kenapa itu terjadi kemudian bagaimana prosesnya saat ini," lanjutnya.

Ada juga suara kekhawatiran dari media Barat bahwa helikopter ini bisa diarahkan ke rakyat Indonesia sendiri. Media Barat melihat helikopter tersebut bisa saja digunakan di Papua.

Tetapi Menhan Purnomo memastikan hal itu tidak akan terjadi. Karena pada dasarnya TNI terus melakukan reformasi dalam tubuhnya. Selain itu, pembelian helikopter ini memang dibutuhkan untuk memoderenisasi peralatan militer Indonesia.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini