Share

Penghormatan Obama untuk Nelson Mandela

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Selasa 10 Desember 2013 22:48 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 10 414 910436 d8JeGKF4HK.jpg Presiden Barack Obama saat memberikan penghormatan terakhir ke Mandela. (Foto: Reuters)

JOHANNESBERG - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memuji Nelson Mandela sebagai "raksasa keadilan" saat berbicara di hadapan ribuan orang saat mengenang Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela.

Obama yang berbicara pada Selasa (10/12/2013) di stadion sepakbola ini mengatakan, terlalu banyak pemimpin di dunia yang mengklaim mempunyai solidaritas berjuang untuk kebebasan "tapi tidak mentolerir perbedaan pendapat dengan dirinya sendiri".

Melansir Reuters, Obama berpidato pada penghormatan Mandela di Johannesburg di depan pemimpin-pemimpin negara termasuk Wakil Presiden China Li Yuanchao, Presiden Kuba Raul Castro, dan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe.

Sebelumnya, acara penghormatan Mandela dijadwalkan dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Namun, acara sempat ditunda beberapa saat karena banyak kepala negara terlambat datang.

Ketika Obama datang, rakyat Afsel pun mengelukan sosok Obama. Mereka seperti merasa terhormat dengan kedatangan presiden kulit hitam pertama AS itu. Upacara ini turut diikuti oleh tokoh-tokoh dunia lainnya yang mengagumi sosok Mandela.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini