Share

Bersiap Pidato untuk Mandela, Rakyat Ejek Presiden Afsel

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Selasa 10 Desember 2013 23:12 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 10 414 910438 xOo5irvbP2.jpg Presiden Afsel Jacob Zuma saat tiba di FNB Stadium. (Foto: Reuters)

JOHANNESBERG - Jika Presiden Amerika Serikat (AS) dielu-elukan rakyat Afrika Selatan (Afsel), tidak demikian dengan presidennya, Jacob Zuma. Rakyat Afsel malah mengejek pidato Zuma.

Para penonton yang hadir untuk memberikan penghormatan terakhir di stadion Soccer City, Johannesberg yang diguyur hujan malah mencemooh dan mengejek saat dia bersiap untuk memberikan penghormatan terakhirnya bagi Mandela.

"Mandela memiliki visi. Mandela menjalankan visi itu. Tapi Zuma tidak memiliki itu (visi). Dia harus melakukan hal yang terhormat dan mengundurkan diri," tutur Funeka Gingcara-Sithole, 31, salah satu penonton yang berada di keramaian dalam penghormatan Mandela, seperti dilansir Reuters, Selasa (10/12/2013).

Ejekan pun "mengalir" deras dari penonton di Stadion FNB, mereka tetap menunjukkan ketidaksetujuannya terhadap Zuma untuk memulai pidatonya. Mereka hanya tenggelam dalam nyanyian dan musik. Ketika Zuma akhirnya mulai berbicara, cemoohan pun mulai mereda.

Sambutan untuk Zuma ini memang sangat kontras dengan penyambutan yang diberikan untuk Obama, yang dielu-elukan layaknya bintang rock. Obama menjadi salah satu dari sekira 90 pemimpin dunia yang akan mengucapkan selamat tinggal pada Mandela.

Kepergian Mandela pada Kamis, 5 Desember 2013 waktu pada usia 95 telah mengalihkan perhatian dari skandal korupsi dalam Pemerintahan Zuma dan telah menggarisbawahi jurang di antara Zuma dengan presiden Afrika Selatan kulit hitam pertama itu.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini