Share

Ormas Siap Usir Mahasiswa Papua yang Terlibat OPM di Yogyakarta

Prabowo, Okezone · Selasa 01 Desember 2015 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 510 1258821 ormas-siap-usir-mahasiswa-papua-yang-terlibat-opm-di-yogyakarta-qxBg34GxY0.jpg Ormas di Yogyakarta mendeklarasikan Front Jogja Anti Separatis (FJAS) untuk mencegah berkembangnya gerakan separtis OPM (Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA - Bertepatan dengan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM), sebanyak 29 Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kota Yogyakarta, mendeklarasikan Front Jogja Anti Separatis (FJAS) di Halaman Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Pembentukan FJAS, merupakan bentuk keresahan warga Kota Yogyakarta atas kegiatan oknum mahasiswa asal Papua di Yogyakarta yang dinilai berindikasi pada kegiatan gerakan separatis OPM.

“Kami menolak segala bentuk aksi unjuk rasa separatis OPM di Yogyakarta,” kata koordintor aksi massa, Muhammad Suhud, Selasa (1/12/2015).

Suhud mengatakan, Yogyakarta merupakan Kota Pelajar, tidak heran jika kemudian banyak pelajar dan mahasiswa asal Papua yang bersekolah di Yogyakarta. Namun, pihaknya menolak jika kedatangan pelajar dan mahasiswa Papua di Yogyakarta, justru melahirkan gerakan separatis.

FJAS yang antara lain terdiri dari Paksi Kraton, Front Anti Komunis Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Jogja Rembuk, Banser, GP Ansor, Pareanom, Gerakan Pemuda Islam, Pemuda Pancasila, Pemuda Muhammadiyah, Pagar Nusantara, dan lainnya, menentang keras keberadaan gerakan separatis di Yogyakarta.

"Saya mengajak semua warga untuk peduli dan menjaga Yogyakarya dari gerakan separatis OPM," ujar dia.

Suhud mendesak, pemerintah, baik pemerintah Provinsi DI Yogyakarta, maupun Polda DIY dapat mengambil tindakan tegas terhadap gerakan separatis OPM di Yogyakarta. Dia meminta agar asrama mahasiswa asal Papua di Kemasan, Jalan Kusumanegara ditutup karena membuat resah masyarakat. Tempat itu juga ditengarai sebagai markas gerakan separatis OPM di Yogyakarta.

Follow Berita Okezone di Google News

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini