Covid-19 Varian Baru Muncul, Biden Larang Turis dari 8 Negara di Afrika

Antara, · Sabtu 27 November 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 18 2508331 covid-19-varian-baru-muncul-biden-larang-turis-dari-8-negara-di-afrika-4Gkdkj6KKp.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Antara/Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (26/11) memutuskan untuk “berhati-hati” atas varian baru virus corona varian baru Omacron. Biden pun mengukuhkan pembatasan perjalanan dari delapan negara di bagian selatan Afrika.

Berbicara pada media di Nantucket, Massachusetts, saat menghabiskan waktu bersama keluarga untuk merayakan Hari Thanksgiving, Biden mengatakan varian itu kini menjadi “perhatian besar.”

Covid-19 Varian Baru Muncul, AS Larang Penerbangan dari Afsel

“Saya telah memutuskan bahwa kami akan berhati-hati, memastikan tidak ada perjalanan ke dan dari Afrika Selatan dan enam negara lain di kawasan itu. Kecuali warga negara Amerika yang dapat tetap kembali ke AS. Tapi kami belum tahu banyak tentang varian ini kecuali bahwa ini adalah masalah besar, yang tampaknya menyebar dengan cepat. Pagi ini saya telah menghabiskan waktu sekitar setengah jam dengan tim Covid-19 yang dipimpin oleh Dr. Fauci, jadi itulah keputusan yang kami buat," terangnya.

Baca juga: WHO: Varian Baru Covid-19 Bernama Omicron, Jadi Perhatian Bersama

"Sebagai tindakan pencegahan sampai kami memiliki lebih banyak informasi, saya memerintahkan pembatasan perjalanan udara tambahan dari Afrika Selatan dan tujuh negara lainnya," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

"Pembatasan baru ini akan berlaku pada 29 November. Saat kami bergerak maju, kami akan terus dipandu dengan saran dari sains dan tim medis saya," lanjutnya.

Pejabat administrasi lain memperingatkan bahwa Amerika Serikat dapat menambahkan beberapa negara ke daftar pembatasan jika variannya menyebar.

Dalam pertemuan di Organisasi Perdagangan Dunia pada Jumat (26/11), Biden meminta kepada negara-negara yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk mengecualikan perlindungan kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 setelah ditemukannya varian baru.

"Berita tentang varian baru ini membuat lebih jelas dari sebelumnya mengapa pandemi ini tidak akan berakhir sampai kita memiliki vaksinasi global," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Para pejabat AS mengatakan penerbangan dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik dan Malawi akan diblokir, menyusul langkah-langkah sebelumnya yang diambil oleh Uni Eropa. Larangan itu akan mulai berlaku pada Senin (29/11).

Sebelumnya, panel Badan Kesehatan Dunia WHO menamai varian baru itu “omicron” dan mengklasifikasikannya sebagai virus yang sangat menular, kategori yang sama dengan varian Delta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini