Share

Seleksi Tamtama Polri di Polda Jateng Diikuti Ratusan Remaja

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Kamis 29 September 2022 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 512 2677750 seleksi-tamtama-polri-di-polda-jateng-diikuti-ratusan-remaja-AT8PeSrzjj.jpeg Ratusan remaja mengikuti seleksi tamtama Polri di Polda Jateng. (Dok Polda Jateng)

SEMARANG - Pendaftaran Tamtama Polri yang dibuka beberapa pekan lalu diminati banyak remaja di Jawa Tengah. Sebanyak 635 pendaftar diverifikasi panitia dan berhak mengikuti rangkaian seleksi yang dilaksanakan sejak 12 September hingga 16 November 2022.

Dalam seleksi yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur ini, para peserta Jateng bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia untuk mengisi lowongan 1.500 tamtama Brimob dan 100 tamtama polisi perairan dan udara (polairud).

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy menyatakan, untuk pendaftar di tingkat Jateng tercatat 596 remaja mendaftar untuk lowongan Tamtama Brimob dan 39 remaja mendaftar lowongan Tamtama Polisi Air dan Udara (Polairud).

"Sejak tanggal 12 lalu, para peserta mengikuti seleksi administrasi l. Dari 635 peserta, 599 dinyatakan lolos. Para peserta yang lolos saat ini mengikuti tes kesehatan tahap l di Poliklinik Bhayangkara di Sendangmulyo, Kota Semarang," kata Kabid Humas, Kamis (29/4/2022).

Ia menjelaskan, sejumlah tahapan tes harus dilalui para peserta seleksi sebelum akhirnya dinyatakan lulus.

Sejumlah tahapan tes tersebut antara lain :

1. pemeriksaan administrasi awal.

2. Tes Kesehatan l

3. Tes psikologi I

4. CAT akademik

5. Tes kesamaptaan jasmani

6. Sidang menuju tes kesehatan II

7. Tes kesehatan ll

8. Tes Psikologi ll

9. Pemeriksaan administrasi akhir

10. Supervisi

11.Sidang kelulusan akhir

"Polda Jateng menjamin, seluruh rangkaian seleksi dilakukan secara bersih, transparan, dan akuntabel. Tidak ada toleransi pada pelaku percaloan maupun pelaku kecurangan. Bila terbukti akan diproses pidana," tuturnya.

Iqbal menambahkan, seleksi penerimaan anggota Polri secara rutin dibuka setiap tahunnya.

"Ada jenjang perwira yaitu jalur Akpol dan SIPSS, jenjang Bintara dan jenjang Tamtama," tuturnya.

Untuk itu, dia meminta setiap remaja yang ingin menjadi anggota Polri untuk mempersiapkan diri sejak dini. Para peminat disilahkan menanyakan jadwal pembukaan seleksi di kantor Polsek dan Polres terdekat atau langsung membuka laman internet di alamat penerimaan.polri.go.id

"Bila ingin melihat pembukaan seleksi anggota polri, Silahkan buka laman resminya atau bisa langsung ditanyakan ke kantor polisi terdekat," tuturnya.

Ia menegaskan, para pelaku curang dipastikan akan langsung didiskualifikasi dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Polri selalu mengedepankan seleksi yang bersih, transparan dan akuntabel. Dihimbau remaja yang ingin mengikuti seleksi tidak percaya dengan orang yang mengaku calo," ucap Kabid Humas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini