KRI Sultan Iskandar Muda Rampungkan Misi di Lebanon

|

KRI Sultan Iskandar Muda merapat di Medan (Dok: Sindo TV/Yudha Bahar)

KRI Sultan Iskandar Muda Rampungkan Misi di Lebanon

MEDAN - Kapal Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda 367, yang melakukan misi kemanusiaan di perairan Lebanon, tiba di Tanah Air. Kapal bersandar di Dermaga Ujung Baru, Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

 

Kedatangan kapal yang dipimpin Letkol Laut (P) Agus Hariadi itu disambut langsung oleh Komandan Lantamal Laksamana Pertama Bambang Soesilo.

TNI mendapat mandat dari PBB untuk bergabung bersama lima negara lainnya melakukan misi pengamanan aktivitas ilegal di perairan Lebanon sejak Agustus 2011 lalu.

Lima negara lain yang terlibat, yakni Brasil, Jerman, Yunani, Bangladesh, dan Turki. Misi mereka  mencegah terjadinya aktivitas ilegal di perairan Lebanon.

“Satgas Maritim TNI melakukan operasi selama delapan bulan. Di Lebanon sendiri selama enam bulan melakukan patroli bersama lima negara di laut Mediternian, sebelah barat Lebanon yang berbatasan dengan Israel,” terang Agus.

Sementara itu, Bambang Soesilo merasa bangga karena Satgas Maritim TNI AL berhasil melaksanakan tugas dari PBB dengan bergabung di United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL).

“Selain berhasil melakukan operasi di bawah bendera PBB, ini juga menjadi promosi untuk negara kita bahwasannya memiliki kekuatan laut dan membela perdamaian dunia ,” ucap Bambang.

Ada tiga KRI yang sudah menjalankan misi di Lebanon, yakni KRI Diponegoro, Infras Gazebo, dan KRI Sultan Iskandar Muda. Rencananya, Indonesia akan memberangkatkan kapal ke-4, KRI Hasanuddin.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sidang Perdata Antasari Azhar Digelar Hari Ini