Susaningtyas Khawatir Pertikaian Antara Warga Sering Terjadi

|

Ilustrasi (Okezone)

Susaningtyas Khawatir Pertikaian Antara Warga Sering Terjadi

JAKARTA – Politikus Hanura, Susaningtyas Kertopati menilai pertikaian antar kampung di Lampung Selatan tidak jauh bedan dengan konflik sosial yang terjadi sebebulmnya. Hanya saja kata dia, motif dan pemicunya saja yang berbeda. Menurut dia, konflik tersebut akan terus terung kembali karena telah ada embrio benih-benih konflik yang bisa suatu saat terjadi.  

 

“Masalah lampung ini sebenarnya hampir sama dengan berbagai konflik sosial di sana sebelumnya,hanya pemicu dan motifnya saja yang berbeda,tetapi embrionya tetap sama yakni adanya gesekan antar suku dan minimnya kearifan lokal masing-masing pihak” ungkap Nuning demikian biasa disapa saat berbincang dengan Okezone, Rabu (31/10/2012).

 

Dia menjelaskan bahwa dibutuhkan sebuah penyelesaian secara integral terkait kasus tersebut. Dan penyelesaian itu tidak bisa hanya dipasrahkan kepada kepolisian terutama Bimbingan Masyarakat (Binmas). Sebab, semua depertemen saling terkait untuk menyelesaikan masalah itu.

 

“Ini semua harus dituntaskan secara integral melalui berbagai pendekatan seperti halnya pendekatan budaya,ekonomi,sosial,agama,bahkan politik. Ini tak bisa hanya menjadi tugas Binmas dalam Kepolisian untuk melakukan pembinaan semata. Antar departemen harus turut berperan aktif selesaikan ini,” ucapnya.

 

Oleh sebab itu, dia menekankan kembali agar semua departemen seperti Departemen Pendidikan, Departemen Agama, dan Departemen Sosial ikut berperan aktif menyelesaikan gesekan antar suku di Lampung Selatan itu. “Dan disini kita juga bertanya dimana peran Menko Kesra?,” jelas dia.

 

Dia juga tidak habis pikir jika konflik antar warga selalu terulang kembali hingga menelan korban. Maka kata dia, semua pihak termasuk tokoh dan pemuka agama harus mampu mengantisipasi dan menangkal pertikaian itu.

 

“Hal ini tak bisa kita begitu saja salahkan aparat terutama Polisi dan Intel, karena deteksi dini dan pembentukan sitkon aman sejahtera juga tanggung jawab pemuka agama maupun pemangku kebijakan setempat, peran Pemda sangat penting. Mau jadi apa negara ini jika setiap ada kerusuhan yang diliat penyelesaiannya,tapi pencegahannya terabaikan,” pungkasnya.

(hol)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Warga China Kembali Terinfeksi Flu Burung