Solo Wajibkan Aksara Jawa di Papan Nama

Sumarno, Sindo · Senin 04 Februari 2008 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2008 02 04 1 80815

SOLO - Pemkot Solo segera meluncurkan Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang penggunaan aksara Jawa dalam sebuah papan nama. Seluruh instansi pemerintah maupun swasta wajib menggunakan aksara Jawa tersebut.

"Secara resmi program ini akan diluncurkan pada 17 Februari mendatang bersamaan ulang tahun Pemkot Solo," jelas Plt Sekda Solo Supradi Kertamenawi, Senin (4/2/2008).

Menurut Supradi, saat ini konsep pemasangan aksara Jawa di setiap papan nama sebuah instansi terus digodok petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk tekniknya (juknis).

Meski wajib, pemkot Solo belum membuat draft sanksi jika ada instansi yang tidak memasangnya. Untuk realisasi penggunaan aksara Jawa tersebut, Pemkot Solo akan melakukan sosialisasi pada seluruh elemen masyarakat. Diharapkan, pada bulan Oktober 2008 ini seluruh papan nama baik pemerintah maupun swasta sudah memasang aksara Jawa.

"Soal posisi aksara Jawa di atas atau di bawah nama instansi atau soal jenis huruf, semua itu akan diatur dalam juklak dan juknis," terangnya.

Pemasangan aksara Jawa sendiri, ujar Supradi, menjadi tanggung jawab instansi masing-masing. Pemkot sifatnya hanya membuat aturannya. Sementara itu, Wali Kota Solo Joko Widodo mengatakan, penggunaan aksara Jawa dalam setiap nama instansi

untuk mencerminkan Kota Solo kota budaya.

Selain itu, sekaligus dalam upaya untuk melestarikan penggunaaan aksara Jawa. "Dengan aksara Jawa akan menunjukkan ciri khas yang bagus untuk Solo sebagai kota budaya," ujarnya.

(pie)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini