nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok, KRDI Sri Lelawangsa Mulai Operasi di Medan

Adela Eka Putra Marza, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2010 12:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 03 05 340 309464 peQe7D9XzD.jpg Ilustrasi kereta api (Foto: dok.okezone)

MEDAN - Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) Sri Lelawangsa yang baru diserahkan oleh Kementerian Perhubungan kepada PT KAI Divre I Sumut dan NAD akan dioperasikan Sabtu 6 Maret di Medan, Sumatera Utara.

Pengoperasian KDRI ini akan berjalan tetap sesuai grafik perjalanan reguler KA di Sumut.

“KRDI ini akan melayani penumpang jarak dekat dengan tujuan Medan-Belawan, Medan-Binjai dan Medan-Tebingtinggi. KRDI ini menjadi kereta perkotaan (komuter) seperti yang ada di Jakarta,” jelas Kepala Humas PT KAI Divre I Sumut dan NAD Suhendro Budi Santoso di Medan, Jumat (5/3/2010).

Untuk sementara, PT KAI Divre I Sumut dan NAD akan menggunakan stasiun-stasiun yang sudah ada. Seperti jurusan Medan-Belawan, akan berangkat dari stasiun Medan melalui stasiun Titi Papan-Pulo Brayan-Labuhan-Belawan sejauh 30 km. Kemudian untuk jurusan Medan-Binjai, sejauh 45 km melalui stasiun Diski-Sunggal-Binjai.

Sedangkan jurusan Medan-Tebingtinggi sejauh 79 km melewati stasiun Medan Pasar-Bandar, Khalifah-Batang, Kuis-Aras, Kabu-Lubuk, Pakam-Perbaungan-Rampah-Tebingtinggi. Namun pihak PT KAI Divre I Sumut dan NAD masih akan melihat arus penumpang yang padat untuk menambah pembuatan halte baru.

Mengenai tarif KDRI ini. PT KAI Divre I Sumut dan NAD telah menetapkan Rp3.000 untuk jurusan Medan-Belawan dan Medan-Binjai. Sedangkan untuk jurusan Medan-Tebingtinggi dikenakan tarif Rp13.000.

KDRI Sri Lelawangsa sendiri diresmikan oleh Wakil Menteri Perhubungan pada 16 Februari lalu. Suhendro berharap dengan adanya fasilitas teransportasi kereta api yang baru ini dapat mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Medan, Belawan, Binjai dan Tebingtinggi.

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini