nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalur KA Purworejo-Kutoarjo Ditutup

Saladin Ayyubi, Jurnalis · Selasa 16 November 2010 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 11 16 340 393979 euydwwPrFo.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

BANYUMAS - Jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Purworejo-Kutoarjo, Kebumen, Jawa Tengah untuk sementara ditutup. Penutupan terhitung mulai Rabu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan ini dikarenakan kondisi rel dinilai sudah tidak layak serta membahayakan perjalanan KA dan keselamatan penumpang. Menurut Surono, Kepala Humas PT KA Daop V Purwokerto, jalur KA tersebut ditutup untuk sementara waktu, namun ada kemungkinan akan dikembalikan lagi fungsinya. "Penutupan mulai Rabu hingga perbaikan selesai," ujarnya, Selasa (16/11/2010).

Rel KA sepanjang 13 kilometer ini sendiri sejak 1980 belum dilakukan penggantian maupun perbaikan. Perbaikan dilakukan secara menyeluruh mulai dari rel, bantalan, hingga balas. Sementara ukuran rel di jalur  Purworejo - Kutoarjo saat ini masih menggunakan ukuran R 33. Sedangkan  kebutuhan rel yang kini harus dipergunakan adalah rel berukuran R 42.

Selain itu, seluruh bantalan rel yang terbuat dari kayu sudah banyak mengalami kerapuhan sehingga harus segera diganti dengan bantalan beton. Demikian halnya dengan kondisi balas yakni batu-batuan yang menopang bantalan sudah banyak hilang.

Saat ini jalur Purworejo - Kutoarjo dilalui empat KA dengan frekwensi perjalanan sebanyak 5 kali sehari. Sedangkan jumlah penumpang rata-rata mencapai 400 orang penumpang untuk semua kelas.

Empat KA yang melayani jalur tersebut adalah KA Sawunggalih kelas bisnis eksekutif pagi dan sore, KA Kutojaya Selatan ekonomi jurusan Purworejo-Bandung, KA Kutojaya Utara ekonomi jurusan Purworejo-Jakarta.

Meski ada penutupan jalur, di Stasiun Purworejo masih melayani penjualan tiket. Bedanya penumpang tidak bisa langsung naik KA dari stasiun tersebut. Tetapi harus ke Stasiun Kutoarjo Kebumen lebih dulu. Dari Kutoarjo penumpang nanti bisa langsung terhubung dengan lintas raya  KA.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini