Share

USU Masuk 6 PT Terpopuler di Indonesia

Adela Eka Putra Marza, Okezone · Senin 24 Januari 2011 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 24 373 417483 Rm32tjF8A6.jpg

MEDAN - Universitas Sumatera Utara masuk dalam 6 besar perguruan tinggi terpopuler dari 151 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hasil ini berdasarkan pemeringkatan web versi 4International Colleges and Universities (4ICU) yang dipublikasikan pada Januari 2011 ini.

"Sebelumnya USU berada pada posisi ke-9 pada Juli 2010 dan ke-12 pada Januari 2010 lalu. Peningkatan ini merupakan hasil komitmen dan kerja keras semua komponen di lingkungan USU yang telah berkontribusi pada situs www.usu.ac.id," jelas Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi, Senin (24/1/2011).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Situs www.usu.ac.id, termasuk pada semua situs di bawah domain tersebut, mengalami peningkatan dalam jumlah konten informasi dan pengetahuan yang dapat diakses dan diunduh oleh masyarakat luas. Konten tersebut meliputi antara lain 19.300 karya ilmiah civitas akademika USU, bahan-bahan e-learning mata kuliah dan informasi lainnya.

Selain itu, lebih dari 10.000 judul jurnal ilmiah internasional yang dilanggan oleh USU juga dapat diakses dan diunduh oleh sivitas akademika USU melalui situs USU tersebut. Penyediaan layanan online bagi mahasiswa juga memberi kontribusi terhadap peningkatan traffic ke situs web USU, selain konten yang tersedia.

Disampaikan Bisru, Kepala Pusat Sistem Informasi USU Ridwan A Siregar mengucapkan terima kasih banyak kepada semua civitas akademik USU yang ikut berkontribusi. Dalam pemeringkatan ini, USU hanya berada di bawah Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi pertama, Universitas Indonesia Jakarta (2), dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta (3).

Kemudian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (4), dan Universitas Gunadarma Jakarta (5). Data dan informasi perguruan tinggi ini di-update setiap bulan dan peringkatnya di-update dua kali dalam setahun, yaitu setiap Januari dan Juli.

4ICU sendiri merupakan suatu direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang me-review 10.200 perguruan tinggi di seluruh dunia di lebih dari 100 negara. Pemeringkatan ini berdasarkan pada popularitas situs web (web popularity), yakni suatu algoritma yang mencakup ukuran yang diekstraksi dari tiga mesin penelusur, yaitu Google Page Rank, Yahoo Inbound Links dan Alexa Traffic Rank.

Hasil pemeringkatan kemudian dapat dilihat pada situs www.4icu.org. Situs ini bertujuan untuk menyajikan perkiraan popularitas peringkat dunia perguruan tinggi didasarkan pada popularitas situsnya. Informasi ini dapat membantu mahasiswa internasional dan staf akademik untuk mengetahui sejauh mana popularitas suatu perguruan tinggi di suatu negara.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini