Share

Profesi Seniman Itu Menjanjikan

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 01 Agustus 2013 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 01 373 845740 0wgB867id5.jpg Yoko Ono, istri John Lennon, yang seorang seniman. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menjadi seorang seniman selain karena kemauan diri sendiri, juga berasal dari bakat terpendam. Tapi terkadang, orangtua kurang setuju bila anak mengambil jurusan seni karena dianggap tidak mempunyai masa depan yang cerah.

Namun, untuk menjadi seorang seniman, ada baiknya jika sang mahasiswa didukung tak hanya dukungan moril, tetapi juga sarana dan prasarana pendukungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adam mengatakan, dengan sarana dan prasarana dunia seni yang mendukung, maka Indonesia tidak akan kalah bersaing di tingkat internasional. Dia berpendapat, keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi modal kuat untuk bisa unggul dibandingkan negara lain.

"Orangtua masukkan anak ke IKJ dengan pikiran seniman tidak akan jadi apa-apa. Padahal seniman juga menjanjikan. Namun, untuk sampai ke arah sana butuh dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Kalau Broadway saja bisa, kenapa kita yang lebih beragam tidak bisa?" tutur Renita, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2013) malam.

Sementara Rektor Institut Kesenian Jakarta IKJ Wagiono Sunarto menyampaikan sebuah gedung yang bersih dan nyaman, akan memacu semangat para mahasiswa untuk kuliah dan berkreasi. Namun, dia berharap, semangat tersebut juga menyebar ke dua fakultas lainnya.

Diketahui, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) IKJ direnovasi dengan memakan waktu enam bulan. Program renovasi tersebut dibantu olehย  Bakti Budaya Djarum Foundation.

"Kehadiran gedung baru jelas memberi semangat dan gairah, tidak hanya untuk FSP saja tapi untuk prodi lainnya. Yang dilakukan Djarum Foundation adalah langkah awal," tutur Wagiono.

Diungkapkan Wagiono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun juga berencana melakukan pembangunan besar-besaran di Taman Ismail Marzuki (TIM) termasuk IKJ karena merupakan rencana yang terus tertunda.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini