nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Profil Singkat Wakil Wali Kota Bandung yang Baru

Tri Ispranoto, Jurnalis · Senin 16 September 2013 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 09 16 526 866734 ir2wwklYIu.jpg Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/Okezone)

BANDUNG - Setelah berkenalan dengan Wali Kota Bandung yang baru, Ridwan Kamil (RK), kurang rasanya jika tidak mengenal wakilnya, Oded M Danial.

Bila RK atau Kang Emil seorang arsitek, ahli tata kota, dan dosen, lalu siapa sebanarnya Oded M Danial yang akrab juga disapa Mang Oded itu?

Dari penelusuran Okezone, Oded merupakan seorang ustadz dan mubalig, sekaligus politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pia kelahiran Tasikmalaya, 15 Oktober 1962 itu sebelum resmi menjabat sebagai Wakil Wali Kota adalah seorang Wakil Ketua Komisi B di DPRD Kota Bandung. Oded juga menjabat Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Sejak muda, pria yang lahir di keluarga santri itu sudah menekuni dunia dakwah. Hasil pernikahannya dengan Siti Muntamah dikaruniai tujuh orang anak.

Selain di dunia politik, Oded tercatat sebagai Pembina Majelis Taklim Al Ukhuwwah dan juga Pembina Persaudaraan Seniman Bandung (Paseban).

Lambat laun, Oded yang sejak dulu sudah mengenal orang-orang di lingkungan pemerintahan, legislatif, ormas, LSM, dan seniman, kini menjelma menjadi seorang politikus.

DPD PKS Kota Bandung menawarkan Oded untuk mendampingi Ridwan Kamil, yang diusung Partai Gerindra, untuk maju dalam Pilwalkot Bandung 2013.

Buah koalisi itu berbuah manis. Pasangan tersebut pun mampu mengalahkan lawan-lawannya, termasuk Ayi Vivananda (saat itu Wakil Wali Kota Bandung) dan Nani Suryana Rosada (istri Dada Rosada), dan kini menjadi pemimpin Kota Bandung.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini