Raja Salman Janji Teruskan Kebijakan Raja Abdullah

Hendra Mujiraharja, Okezone · Jum'at 23 Januari 2015 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 23 18 1096400 raja-salman-janji-teruskan-kebijakan-raja-abdullah-kzwoSctdjG.jpg Raja Salman, pemimpin baru Arab Saudi. (Foto: Reuters)

RIYADH – Raja Salman memberikan pidato perdana setelah ditunjuk menjadi suksesor Raja Abdullah. Orang nomor satu di Arab Saudi itu berjanji akan meneruskan kebijakan luar negeri yang telah dilakukan raja sebelumnya.

Raja Abdullah meninggal dunia pada Jumat 23 Januari 2015 karena penyakit yang dideritanya. Setelah ditunjuk menjadi Raja Arab Saudi, dia kemudian dengan cepat menunjuk pria yang lebih muda sebagai ahli warisnya.

Raja Salman menunjuk saudara tirinya Muqrin (69) sebagai Putra Mahkota dan keponakan Mohammed bin Nayef (55), sebagai Wakil Putra Mahkota. Raja Salman dengan cepat meredam spekulasi mengenai perpecahan internal di istana kerajaan.

Dalam pidato pertamanya sebagai raja, disiarkan langsung di televisi Saudi, Salman berjanji untuk mempertahankan pendekatan yang sama terhadap pengekspor minyak dunia dan menyerukan persatuan antara negara-negara Arab.

“Atas kehendak Tuhan, kami akan melanjutkan semuanya yang pernah dilakukan Raja Abdulaziz,” demikian pernyataan Raja Salman sebagaimana diberitakan Reuters, Jumat (23/1/2015).

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini