nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Letnan Komarudin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Sandy Salamun, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2016 11:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 03 340 1326580 letnan-kamarudin-diusulkan-jadi-pahlawan-nasional-uQVJw8QDuj.jpg Jenderal Soedirman menasehati Letnan Komarudin saat baru turun gunung. (IPPHOS). (dok.arsipindonesia.com)

YOGYAKARTA - DPD KNPI Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan deklarasi dukungan kepada Eli Yakim Teniwut atau yang dikenal dengan Letnan Komarudin, untuk dijadikan pahlawan nasional. Sebab, ia adalah salah satu toko pejuangan dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yokyakarta.

Letnan Komarudin merupakan salah satu tokoh asal Desa Ohoidertutu, Kecamatan Kei Kecil Barat, Maluku Tenggara. Ia berjuang melawan penjajah  pada Agresi Milter Belanda.

Oleh DPD KNPI, Komarudin dinilai memiliki kontribusi besar dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Dalam rangka memperingati Serangan Umum 1 Maret 1949, mestinya pejuang itu diangkat jadi pahlawan.

Deklarasi dukungan dilakukan di depan rumah almarhum Komarudin di Desa Ohoidertutu. Para anggota DPD KNPI Maluku Tenggara melaksanan upacara penghormatan.

Mereka juga menabur bunga di makam Komarudin. Roby Teniwut yang merupakan ponakan kandung pejuang itu, ketika mendengar lagu Kebangsaan Indonesia Raya, sempat mengeluarkan air mata.

Ketua DPD KNPI Maluku Tenggara Usman Rengur sendiri mengatakan, pihaknya akan melakukan pengumpulan data dan fakta-fakta sejarah agar yang bersangkutan bisa diangkat jadi pahlawan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini