Share

Mike Pence Sebut AS Siap Hormati Kesepakatan Terkait Pengungsi dengan Australia

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Sabtu 22 April 2017 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 22 18 1674397 mike-pence-sebut-as-siap-hormati-kesepakatan-terkait-pengungsi-dengan-australia-nUDLgyBL40.jpg Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence dan PM Australia, Marcolm Turmbull. (Foto: Reuters)

SYDNEY - Wakil Presiden (wapres) Amerika Serikat (AS), Mike Pence menyatakan, siap menghormati kesepakatan terkait pengungsi dengan Australia. Sebagaimana diketahui, Wapres Pence kini tengah berada di negeri kanguru sebagai bagian dari tur Asianya.

Di Australia, Pence bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia, Malcolm Turnbull. Dalam kesepakatan tersebut, AS bersedia untuk memukimkan kembali 1.250 pencari suaka. Namun, Pence menegaskan kesepakatan tersebut tetap akan diperiksa dan ditinjau ulang.

"Kami akan menghormati kesepakatan ini sehubungan dengan aliansi kedua negara yang sangat penting," kata Pence di kediaman resmi pelabuhan Turnbull di Sydney sebagaimana diwartakan Reuters, Sabtu (22/4/2017).

Sebelumnya, ketika Presiden Barack Obama masih menjabat, AS berjanji akan memukimkan kembali ke 1.250 pencari suaka yang berada di kamp pengolahan lepas pantai di kepulauan Pasifik Selatan di Papua Nugini (PNG) dan Nauru.

Sementara itu, sebagai gantinya, Australia akan memindahkan pengungsi dari El Salvador, Guatemala dan Honduras.

Menanggapi hal tersebut, advokat pencari suaka menyambut baik komitmen AS. Namun mereka mengaku tetap khawatir bahwa "pemeriksaan ekstrem" akan diberlakukan pada 1.250 orang tersebut dan sebagian dari mereka tak bisa masuk ke Negeri Paman Sam. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini