nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foto Umat Sikh Berbagi Takjil ke Muslim Pakistan Hebohkan Medsos

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 26 Juni 2017 00:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 25 18 1724544 foto-umat-sikh-berbagi-takjil-ke-muslim-pakistan-hebohkan-medsos-kLNY3M9T8u.jpg Komunitas penganut Sikh membagi-bagikan takjil bernama Rooh Afza bagi umat Islam (Foto: Independent)

PESHAWAR – Bulan suci Ramadan yang baru saja berlalu tidak hanya menjadi berkah bagi umat Islam, tetapi juga umat agama lain. Keakraban juga terjalin antara umat Islam yang berpuasa dengan umat agama lain.

Contoh nyata keakraban tersebut ada di Pakistan. Warganet Pakistan dihebohkan dengan gambar beberapa penganut Sikh yang sedang menuangkan cairan bernutrisi bagi saudara-saudara Muslim yang berpuasa di bulan suci Ramadan.

Gambar tersebut menunjukkan anggota komunitas Sikh sedang menuangkan minuman non alkohol bernama Rooh Afza dari sebuah ember besar ke kantong-kantong plastik. Mereka lalu membagi-bagikan kantong tersebut kepada tetangganya yang Muslim di Peshawar, Pakistan.

“Ini adalah wajah sesungguhnya dari Pakistan,” tulis akun Facebook pengunggah foto tersebut, mengutip dari The Independent, Senin (26/6/2017).

Rooh Afza terbuat dari campuran ekstrak tanaman herbal, buah-buahan, sayuran, bunga, dan umbi-umbian. Minuman tersebut merupakan minuman khas di Pakistan selama bulan suci Ramadan, mirip dengan takjil di Indonesia.

Keakraban antar umat beragama itu menjadi penyejuk di tengah meningkatknya konflik atas nama agama di belahan dunia lain. Waktu berbuka puasa tidak hanya dinikmati oleh umat Islam, tetapi juga umat agama lain lewat acara bertajuk buka puasa bersama di berbagai belahan negara, termasuk Indonesia.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini