Image

Agar Tak Terulang, DPR Minta Insiden Bendera Indonesia Terbalik Harus Diusut Tuntas

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu, 23 Agustus 2017 - 06:35 WIB
Ilustrasi bendera merah putih (foto: Okezone) Ilustrasi bendera merah putih (foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil menegaskan Pemerintah Indonesia harus mengusut tuntas salah cetak bendera merah putih Indonesia yang terbalik menjadi putih merah di dalam buku panduan pesta olahraga Asia Tenggara SEA Games 2017

Alasannya, lanjut Politikus PKS itu untuk mengetahui apakah memang ada kesengajaan atau tidak dalam insiden tersebut. Mengingat, bendera merah putih merupakan simbol negara.

"Tapi kalau kita berani meminta ini diusut sehingga ketahuan siapa yang paling bertanggungjawab. Apakah ini technical error atau human error," kata Nasir kepada Okezone, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Lebih dalam, Nasir menekankan pemerintah Indonesia harus bisa bersikap lebih tegas terkait dengan adanya insiden tersebut. Tujuannya agar hal serupa tidak kembali terjadi di kemudian hari.

"Sangat miris memang dengan adanya fakta bahwa bendera Indonesia terbalik. Itu menunjukkan bahwa sebagai bangsa, kita kurang dihargai," ujar Nasir.

(Baca Juga: Malaysia Diminta Serius Investigasi Insiden Bendera Terbalik)

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana meminta pemerintah setempat bergegas melakukan investigasi guna mengetahui akar permasalahan yang terjadi sehingga ditemukan salah cetak lambang negara Indonesia.

Menurut Dadang, investigasi ini erlu dilakukan untuk meredam emosi dari masyarakat Indonesia, penyelenggara SEA Games harus menyelesaikan persoalan secara proporsional. Pernyataan kesalahan teknis yang diutarakan Malaysia juga harus dibuktikan benar sehingga tidak mengundang tanda tanya publik.

“Kalau pemerintah Malaysia mengatakan permohonan maaf (dan) itu kesalahan teknis, harus buktikan itu kesalahan teknis, gitu. Malaysia harus serius melakukan investigasi dan kita akan minta ditindak tegas,” kata Dadang dalam diskusi Redbons ‘Semangat Juang Garuda dibalik Insiden Bendera’ di Redaksi Okezone. (muf)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming