nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Inilah Susunan Acara KTT Kim-Trump di Singapura

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 09:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909520 seperti-inilah-susunan-acara-ktt-kim-trump-di-singapura-7hSGFiNjEV.jpg Foto: CNN.

SINGAPURA – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un telah resmi dimulai di Hotel Capella, Pulau Sentosa pada 12 Juni. Ini adalah pertama kalinya pemimpin dari kedua negara yang berseteru itu bertemu dalam sebuah pertemuan tingkat tinggi.

Menurut jadwal yang dirilis Gedung Putih, kedua pemimpin akan bertemu untuk pertama kalinya dan membuka pertemuan pada pukul 9 pagi waktu setempat. Keduanya kemudian akan melakukan pertemuan empat mata selama sekira dua jam dengan ditemani oleh penerjemah.

BACA JUGA: Korut Tetapkan Agendanya untuk KTT Kim-Trump

Usai pertemuan empat mata, mereka akan ikut ambil bagian dalam pertemuan lanjutan yang melibatkan staf-staf lain dari kedua negara.

Pada pukul 11.30 Trump dijadwalkan akan melakukan makan siang resmi dengan Kim Jong-un.

Acara kembali dilanjutkan pada pukul 4 sore saat Trump berpartisipasi dalam media availability di mana dia akan menjawab pertanyaan dari para jurnalis dan awak media yang hadir untuk meliput pertemuan bersejarah ini.

BACA JUGA: Beberapa Hal yang Mungkin Akan Dibahas Trump dan Kim Jong-un dalam KTT di Singapura

Setelah melalui rangkaian acara tersebut, Trump akan langsung terbang meninggalkan Singapura pada sekira pukul 7 malam.

Berbicara kepada reporter sebelum memulai pertemuan dengan Kim, Trump mengatakan bahwa dirinya, merasa optimis dengan pertemuan ini. Trump yang duduk di sebelah Kim Jong-un mengatakan bahwa dia dan konterpartnya itu akan "memiliki hubungan yang hebat di masa depan."

Beberapa isu yang akan kemungkinan akan menjadi bahasan kedua pemimpin dalam pertemuan ini antara lain, mengenai denuklirisasi Korea Utara dan perdamaian di Semenanjung Korea. Trump sebelumnya juga mengatakan akan mengangkat upaya penyelesaian Perang Korea secara resmi dan masalah hak asasi manusia dalam pertemuannya dengan Kim Jong-un.

 

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini