nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK Sebut Indonesia Berperan Penting Jamin Penegakan HAM di Dunia

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 16:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 11 337 1989762 jk-sebut-indonesia-berperan-penting-jamin-penegakan-ham-di-dunia-GGpWOinqeb.jpg Wapres Jusuf Kalla

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menekankan Indonesia memiiliki peranan penting di Dunia Internasional untuk menjamin penegakan Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut disampaikan JK saat menghadiri peringatan HAM se-dunia di Gedung Komnas HAM.

"Justru Indonesia punya peran penting menjaga HAM. Kita tahu tahun 1955 setelah KAA (Konferensi Asia-Afrika), negara-negara bebas dari penjajahan," kata JK di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Menurut JK, kesadaran dunia akan perlunya menjagaa HAM, harkat kemanusiaan, kebutuhan dasar manusia timbul setelah Perang Dunia ke-II. Pasalnya, kata dia, hal itu setelah adanya peristiwa-peristiwa berdarah yang terjadi pada sejarah tersebut.

"Bagaimana Jerman bunuh orang Yahudi dan segala pengorbanan yang terjadi setelah Perang Dunia ke-II. Kami berterima kasih tentang bangsa-bangsa di dunia yang waktu itu anggotanya belum cukup 60, mengeluarkan declaration human rights," papar JK.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Maaf Batal Hadiri Peringatan HAM Internasional)

JK berpendapat, ketika itu banyak yang menggambarkan bahwa penegakan HAM didasari pada hukum yang berlaku di Eropa seperti Magna Carta. Tetapi, menurut JK, hal tersebut tidak relevan lantaran masih banyak bangsa yang dijajah.

Di sisi lain, JK menilai, setelah adanya Konferensi Asia-Afrika (KAA) tahun 1955, hal tersebut yang menguatkan bahwa negara-negara bebas dari masa penjajahan.

"Kita tidak bisa hindari bahwa Indonesia punya peran penting. Indonesia tidak hanya pernah dijajah tapi pada suatu upaya yang keras tapi semangat yng keras juga dijalin," ucap JK.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini