nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden China Dukung Digelarnya KTT Kedua antara Trump dan Kim Jong-un

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 13:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 10 18 2002560 presiden-china-dukung-digelarnya-ktt-kedua-antara-trump-dan-kim-jong-un-W1qFBnaUOY.jpg Foto: Reuters.

SHANGHAI – Presiden China, XI Jinping berharap Korea Utara dan Amerika Serikat (AS) dapat menemukan kesepakatan di tengah rencana kedua negara untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi (KTT) kedua antara Kim Jong-un dengan Donald Trump. Pernyataan Xi Jinping itu menunjukkan dukungannya terhadap pertemuan pemimpin AS dan Korea Utara untuk mengatasi perbedaan antara Pyongyang dan Washington dalam upaya denuklirisasi Semenanjung Korea.

Pyongyang telah menuntut Washington mencabut sanksi, yang diberlakukan terkait uji coba nuklir dan misilnya, serta mengumumkan penghentian resmi Perang Korea 1950-1953.

loading...

BACA JUGA: Kim Jong-un Temui Xi Jinping Sebelum KTT Kedua Korut-AS

Tuntutan-tuntutan itu disampaikan sebagai tanggapan terhadap langkah-langkah awal dan sepihak yang telah dilakukan Pyonyang ke arah denuklirisasi Semenanjung Korea. Langkah Pyongyang tersebut termasuk pembongkaran satu-satunya tempat pengujian nuklir yang diketahui dan fasilitas mesin rudal utama.

"Penyelesaian politik masalah semenanjung (Korea) menghadapi peluang bersejarah yang langka," kata Xi sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (10/1/2019).

"China berharap bahwa Korea Utara dan Amerika Serikat akan bertemu di tengah-tengah," tambahnya, menyatakan dukungannya untuk digelarnya KTT kedua dan penggunaan dialog untuk menyelesaikan perbedaan antara kedua negara.

BACA JUGA: Trump Rencanakan Bertemu Lagi dengan Kim Jong-un dalam Waktu Dekat

Dalam pertemuan dengan Xi, Kim Jong-un menegaskan kembali janji yang disampaikannya pada pidato Tahun Baru-nya bahwa Korea Utara akan berusaha agar KTT kedua dengan Trump dapat mencapai hasil yang akan disambut masyarakat internasional.

Masih belum diketahui kapan KTT kedua itu akan digelar, tetapi Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengatakan pada Kamis bahwa lawatan Kim Jong-un ke China menyiratkan KTT akan digelar. Dia berharap KTT tersebut akan digelar dalam waktu dekat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini