nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Acuhkan Desakan Barat, Iran Pamerkan Rudal Baru dan Pabrik Misil Bawah Tanah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 10:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 08 18 2015193 tak-acuhkan-desakan-barat-iran-pamerkan-rudal-baru-dan-pabrik-misil-bawah-tanah-eo2xmTVby8.jpg Foto: Reuters.

TEHERAN – Garda Revolusi Iran mengumumkan rudal balistik barunya yang memiliki jarak 1.000 kilometer, sekaligus mengabaikan tuntutan dari negara-negara Barat agar Teheran menghentikan pengembangan program rudalnya.

Kantor berita semi resmi Fars yang memublikasikan Foto-foto pabrik rudal bawah tanah yang disebut dengan nama “kota bawah tanah” mengatakan bahwa rudal “Dezful” baru Iran merupakan pengembangan dari rudal Zolfaghar yang memiliki jarak tembak 700 kilometer dengan berat hulu ledak 450 kilogram.

Iran mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki rudal yang memiliki jarak tembak sampai 2.000 kilometer, menjadikan markas Amerika Serikat (AS) dan Israel di Timur Tengah masuk ke dalam jangkauannya. Demikian diwartakan Reuters, Jumat (8/2/2019).

Uni Eropa telah meningkatkan kritik terhadap program rudal balistik Iran, meski di saat yang sama tetap berkomitmen pada kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar.

Resolusi 2015 PBB yang membahas mengenai perjanjian nuklir "meminta" Iran untuk menahan diri hingga delapan tahun dari pengerjaan rudal balistik yang dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir. Beberapa negara berpendapat bahwa bahasa dalam resolusi tersebut tidak membuatnya permintaan itu menjadi sesuatu yang diwajibkan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini