nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temuan Mortir di Bandung Diduga Sisa Perang Dunia II, Daya Ledaknya Mematikan

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 06 525 2026332 temuan-mortir-di-bandung-diduga-sisa-perang-dunia-ii-daya-ledaknya-mematikan-f1CsueJsbX.jpg Penemuan mortir di Bandung (Foto: Cdb Yudistira)

BANDUNG - Sebanyak 87 mortir berkaliber 80 mm ditemukan di rumah seorang warga di Jalan Ir Juanda, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, pada Selasa (5/3/2019). Puluhan mortir tersebut memiliki daya ledak yang cukup mematikan. 

"Ada yang mirip seperti keluaran dari Yugo yah, Yugoslavia," ucap Dandim 0618 BS Letkol Inf M. Herry Subagyo di lokasi temuan.

Dari puluhan mortir yang ditemukan, kondisinya satu sama lainnya berbeda. Herry menjelaskan, beberapa di antaranya ada yang sudah berkarat dan rapuh, namun ada juga yang masih dalam kondisi baik.

"Kondisnya juga menempel dengan tanah, karena rapu itu kita belum berani untuk memeriksa lebih lanjut," katanya.

(Baca Juga: 87 Mortir Terangkat, Penyisiran Dilanjutkan Besok

Puluhan mortir tersebut diduga merupakan peninggalan zaman perang dunia II. Namun,  untuk mendalaminya, mortir-motir tersebut akan diteliti terlebih dahulu.

"Ada yang kondisinya juga rusak, tapi yah tidak bisa di bilang rusak total," katanya.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga mendatangi langsung lokasi ditemukannya puluhan mortir. Ia mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan jajaran Polri dan TNI dalam menanggapi laporan warganya.

"Ternyata ini mortir aktif yah," kata Yana usai meninjau lokasi temuan.

Lokasi penemuan mortir 

Bandung, menurut Yana, memang sarat dengan sejarah. Begitu adanya temuan ini, ia meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada.

"Yah kan kalau kita bicara kolonial, Bandung memang kolonial Belanda kita juga cukup sulit mendeteksi karena ini juga di pedalaman yah. Enggak mungkin se-Bandung kita bongkarkan. Tapi ini jadi warning lah, maksudnya bahwa kita juga tinggal di daerah bekas Belanda yah, pernah ada perang juga disini minta masyarakat juga waspada aja," katanya.

(Baca Juga: Dikira Knalpot, Mortir Ditemukan di Halaman Rumah Warga Bandung

Yana mengatakan, dari data dan penjelasan yang didapatnya, mortir tersebut merupakan buatan Inggris. "Itu standar yang digunakan militer," katanya.

Seperti diketahui, sebanyak 87 peluru mortir ditemukan. Beberapa di antaranya dalam kondisi aktif dengan kaliber 80 mm.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini