nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1,2 Juta Hektar Kebun Sawit Ilegal di Riau Akan Ditertibkan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 18:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 12 340 2091013 1-2-juta-hektar-kebun-sawit-ilegal-di-riau-akan-ditertibkan-JGBdn6vxpI.jpg Ilustrasi Kebun Kelapa Sawit (Foto: Okezone)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera menertibkan kebun kelapa sawit ilegal. Kebun sawit yang akan ditertibkan pemetintah cukup luas yakni 1.2 juta hektar yang tersebar di berbagai wilayah.

Penertiban kebun sawit ilegal ini juga merupakan hasil temuan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dimana lembaga antirusuah itu menyelidiki bahwa kebun lebih dari 1,2 juta hektar di Riau tanpa izin pemerintah alias hektar ilegal.

"Hasil penelusuran ada sekitar 1,2 juta hektar kebun sawit ilegal. Tapi bisa lebih bisa juga kurang dari segitu," kata Syamsuar dalam rapat di Kantor Gubernur Riau Jalan Jendral Sudirman Senin (12/8/2019).

Kelapa Sawit

Baca Juga: Perusahaan Sawit di Riau Ditetapkan Tersangka Karhutla

Untuk penertiban kebun sawit sejuta hektar itu, Pemprov Riau mengandeng pihak lain termasuk instansi penegak hukum, jaksa polisi. Kebun ilegal ini dikuasi oleh cukong termasuk pemain 'kelas kakap' seperti perusahaan.

"Sasaran kita ada perusahaan perseorangan juga ada tentunya. Jadi kita tidak hanya menertibkan (kebun sawit ilegal) yang kecil kecil saja. Jadi nanti ending-nya yang besar-besar," imbuhnya.

Dalam rapat ini, sekaligus dibentuk tim kecil. Tim nantinya akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar. Mantan Komandan Korem 031 Wirabima Pekanbaru akan turun untuk menentukan daerah mana yang akan 'dieksekusi'.

"Tim nanti akan memetakan apa yang harus dilakukan setelah meninjau lokasi," imbuhnya.

(edi)

Berita Terkait

KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini