nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda DIY: Yogyakarta Kondusif Jelang Pelantikan Presiden

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 11 510 2115582 kapolda-diy-yogyakarta-kondusif-jelang-pelantikan-presiden-9zdm5w8J7y.JPG Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri (Foto: iNews.id/Gunanto)

JAKARTA - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irjen Pol Ahmad Dofiri memastikan kondisi di Kota Gudeg dalam suasana kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin,

Kendati Dofiri menyebut memang dari beberapa elemen masyarakat ada yang ingin menggelar aksi menyampaikan pendapat, namun sejauh ini terpantau semuanya berjalan dengan baik.

"Menjelang pelantikan Presiden, sampai dengan sekarang memang ada dinamika terlihat ada berapa kegiatan-kegiatan, misalnya aksi unjuk rasa kalau di Yogyakarta sampai dengan sekarang semua aksi berjalan dengan baik," kata Dofiri saat ditemui di kantornya, Jumat (11/10/2019).

Dofiri menyatakan, aksi-aksi yang dilakukan khususnya di Yogyakarta perlu adanya kedewasaan dengan mengedepankan dialog-dialog. Apalagi, ia menyebut Yogyakarta terkenal sebagai kota pendidikan.

Ia pun mengaku, hingga saat ini dirinya belum mendapatkan laporan adanya pergerakan massa ke Jakarta jelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

"Sampai hari ini yang kita pantau tidak ada. Mereka melakukan aksi seperti dari mulai tanggal 23 September, 1 Oktober itu juga mudah-mudahan bisa diselesaikan di tingkat wilayah saja," tuturnya.

Adapun upaya preventif akan dilakukan Polda DIY bekerja sama dengan pihak rektorat universitas agar kondisi di Yogyakarta kondusif.

Apel Polisi

"Jadi, selamanya ini alhamdulillah kalau anda lihat Yogyakarta tidak pernah ada gesekan, tidak pernah terjadi juga kalau misalnya unjuk rasa yang berlarut-larut ya selesai dengan waktu dimana mereka memberitahu kegiatan tersebut selesai juga jam 4.30, jam 5 rata-rata mereka sudah akan pulang," paparnya.

Ia pun belum mengetahui apakah akan ada aksi pada pelantikan presiden dan wakil presiden di wilayah Yogyakarta. Yang ia tahu, hari ini memang ada aksi tapi tak terkait dengan pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Kalau yang sekarang baru kami tahu ada (demo) tapi tuh kan yang umum ya bukan masalah, misalnya terkait pelantikan tapi hal yang lain misalnya dengan RUU KUHP yang kayak gitu-gitu hari ini," katanya menandaskan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini