Pria di India Temukan Ribuan Koin Kuno Setelah Menangi Lotre Miliaran Rupiah

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 06 Desember 2019 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 18 2138891 pria-di-india-temukan-ribuan-koin-kuno-setelah-menangi-lotre-miliaran-rupiah-w1kJxsnV86.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

THIRUVANANTHAPURAM - Seorang pria India yang memenangkan lotre senilai Rs60 crore (sekira Rp11,7 miliar) kembali mendapatkan keberuntungan besar, kali ini setelah menggali setumpuk besar koin yang berusia lebih dari 100 tahun.

B Rathnakaran Pillai, seorang mantan operator penggergajian kayu, menggunakan sebagian uang dari kemenangannya dalam lotre pada Januari 2018 untuk membeli tanah di kota kelahirannya Kilimanoor, Negara Bagian Kerala, India. Lahan yang terletak di sebelah sebuah kuil Krishna tua itu ternyata menghasilkan lebih dari sekadar sayuran untuk Pillai.

Diwartakan RT, saat mengolah tanah tersebut, Pillai yang tampaknya memiliki keberuntungan yang luar biasa, menemukan sebuah pot berisi lebih dari 2.500 keping koin. Setelah diperiksa lebih teliti, dia menyadari bahwa koin-koin itu berasal dari Kerajaan Travancore yang sudah tidak ada, yang memerintah Kerala selatan selama ratusan tahun.

Dengan beratnya lebih dari 20kg, koin-koin itu dicetak dalam perak, tembaga, dan emas, dan diyakini berumur sekitar 100 tahun. Mata uang itu digunakan sebelum India memperkenalkan sistem rupee-paise pada 1949.

Pillai dengan cepat memperingatkan pihak berwenang atas penemuannya yang luar biasa. Harta karun itu akan dikirim ke laboratorium untuk dibersihkan, karena sebagian besar koin telah berubah menjadi hijau karena oksidasi. Nilai mereka kemudian akan dinilai oleh panel ahli.

Pemerintah dilaporkan berencana untuk memberikan hadiah kepada Pillai karena telah menyerahkan tumpukan koin antik itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini