nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Tanah Terbelah Sepanjang 4 Km Resahkan Warga Pandeglang

Selasa 10 Desember 2019 10:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 10 340 2140071 fenomena-tanah-terbelah-sepanjang-4-km-resahkan-warga-pandeglang-zgSPhrxAZ2.JPG Fenomena tanah terbelah resahkan warga Kampung Sidamukti, Pandeglang, Banten (Foto: iNews.id/Iskandar Nasution)

PANDEGLANG – Warga Kampung Sidamukti, Desa Sindangresmi, Pandeglang, Banten diresahkan dengan fenomena tanah terbelah sepanjang hampir empat kilometer. Warga menduga hujan deras yang kerap mengguyur wilayah itu dalam kurun beberapa hari terakhir jadi faktor utama penyebabnya.

Melansir dari laman iNews.id, Selasa (10/12/2019), pembelahan tanah terlihat dominan di sebuah ruas jalan di kampung itu. Retakan aspal dan tanah menimbulkan lubang-lubang panjang dengan kedalaman bervariasi.

Warga pun khawatir jika retakan itu tak segera diperbaiki akan menimbulkan petaka khususnya di malam hari. Mengingat, tak ada penerangan jalan yang cukup ramai dilintasi warga itu.

Sementara itu, fenomena tanah terbelah ini menyebabkan rumah seorang warga mengalami retak-retak. Pemilik rumah, Iwan Saputra mengungkapkan, retakan berawal dari gempa yang melanda kawasan itu beberapa waktu lalu. Retakan semakin membesar saat memasuki musim pancaroba.

“Rumah ini mulai retak waktu ada gempa. Terus akhir-akhir ini retakan semakin besar, padahal tidak ada gempa. Mungkin karena ada pergeseran tanah akibat hujan setelah kemarau panjang selama tujuh bulan,” kata Iwan.

Warga mengaku khawatir akan terjadi longsor bila hujan terus mengguyur kawasan tersebut. Masyarakat menyebut tanah di kawasan itu memang labil. Mereka berharap pemerintah daerah setempat segera mengambil tindakan.

“Harapan warga segera diperbaiki karena ada beberapa titik rawan yang pembelahannya semakin lebar. Apalagi jalan di sini tak ada penerangan, kalau tak waspada bisa banyak terjadi kecelakaan,” kata seorang pengguna jalan, Ahmad Muchtadin.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini