nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien Diduga Terinfeksi Virus Korona di Jambi Kondisinya Stabil

Azhari Sultan, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 17:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 26 340 2158572 pasien-diduga-terinfeksi-virus-korona-di-jambi-kondisinya-stabil-WVGUDokzuI.JPG RSUD Raden Mattaher Jambi (Foto: Okezone.com/Azhari Sultan)

JAMBI - Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan RSUD Raden Mattaher Jambi, dr Dewi Lestari mengaku belum dapat memastikan apakah pasien wanita yang dirawat benar terjangkit virus korona (wuhan pneumonia) atau tidak.

Hingga saat ini kata dia, pihak rumah sakit masih terus melakukan pengawasan dan perawatan terhadap yang bersangkutan.

"Kalau kita dari rumah sakit, hanya menyiapkan tempat untuk pasien. Selanjutnya, pasien kami beri pengobatan sesuai dengan apa yang sekarang dirasakan. Sesuai dengan apa kondisi pasien. Misalnya nih demam, maka kita kasih obat demam," kata Dewi, Minggu (26/1/2020).

Terkait kondisi pasien sendiri saat ini, kata dia masih dalam kondisi stabil, hanya saja untuk mengecek kebenaran atau positif tidaknya pasien terjangkit virus itu membutuhkan waktu selama 14 hari.

Baca juga: Pasien Diduga Terinfeksi Virus Korona di Jambi Seorang Wanita

"Pasien dalam kondisi stabil, dia sudah tidak demam. Jadi gini, virus itu ada masa inklubasinya, jadi masa inklubasi itu tidak langsung terjadi kegawatan yang menghawatirkan. Jadi, dalam waktu 14 hari dia berinklubasi dalam tubuh, dan kalau sudah lewat 14 hari ternyata aman, ya sudah dinyatakan aman," jelasnya.

Dewi membenarkan jika pasien tersebut pertama kali dirujuk dari RS Siloam ke RSUD Raden Mattaher. "Jenis kelaminnya perempuan, kalau untuk nama. Itu kita enggak bisa kasih tahu, karena itukan privasi," tutur Dewi.

Baca juga: Diduga Kena Virus Korona, Seorang Pasien Diisolasi di RSUD Raden Mattaher Jambi

Selain itu, dia juga mengamini bahwa gejala awal yang dialami pasien perempuan itu ada kemiripan dengan gejala orang terpapar virus korona.

"Demam tinggi lebih dari 38 derajat celsius, flu, batuk, pilek terus ada gangguan di pernapasan," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini